Sekda Kalteng: Peringatan Hari Lahir Pancasila Memiliki Tempat Khusus Dalam Sejarah Indonesia

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Kalteng Nuryakin saat menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di SMAN-3 Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sekda Kalteng Nuryakin mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila sangat penting dan memiliki tempat khusus dalam sejarah Indonesia, karena Pancasila telah mendarah daging sebagai dasar negara Indonesia.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi Pembina Upacara Hari Lahir Pancasila 2023, di SMAN 3 Palangka Raya, Kamis 1 Juni 2023.

“Pancasila bukan hanya sekadar ideologi, tetapi juga merupakan landasan yang kuat bagi negara kita,” ucapnya.

Nilai-nilai Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, telah menjadi pedoman dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA:   Sugianto Sabran: Sebuah Dosa Bagi Seorang Pemimpin Ketika Kepekaan Sosialnya Tumpul

Ia menambahkan, Hari Lahir Pancasila mengajarkan semua untuk senantiasa saling menghargai, memahami, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita perkuat semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta memupuk rasa cinta tanah air, kita perlu bersatu, menjaga persatuan, dan menghormati perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan,” jelasnya.

Selain itu, sebagai generasi penerus bangsa, Nuryakin mengungkapkan tugas kita semua adalah meneruskan perjuangan para pendahulu dalam membangun bangsa yang kuat dan bermartabat. Ia juga mengajak untuk bersama-sama berkomitmen menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

BACA JUGA:   Tim LKPD Laksanakan Paparan Analitis Guna Meyakini Keandalan Informasi

“Mari kita menjadi agen perubahan yang membangun masyarakat yang adil, beradab, dan sejahtera. Marilah kita terus menghormati keragaman, memperkuat persatuan, dan menjaga keutuhan negara kita,” tandasnya. (Hardi)