Ini Jemaah Calon Haji Tertua dan Termuda Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Jemaah yang berasal dari Kabupaten Barito Selatan Torilah

BANJARMASIN – Torilah, merupakan Jemaah Calon Haji (JCH) tertua asal Kalteng, berasal dari Kabupaten Barito Selatan. Ia tergabung dalam Kloter 4 BDJ yang akan berangkat 3 Juni 2023.

“Nek Torilah usianya mencapai 95 tahun. Beliau mendaftar haji Tahun 2017 dan telah menunggu selama 7 tahun,” ucap Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi, Jumat 2 Juni 2023.

Sedangkan JCH asal Kalteng yang termuda yakni Muhammad Zaid, yang lahir 7 Oktober 2004 sehingga usianya saat ini menginjak 18 tahun. Ia berasal dari Kabupeten Kapuas sehingga tergabung dalam Kloter 3 BDJ.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

Ia juga menyampaikan, untuk musim haji Tahun 1444 H/2023 M ini, Kementerian Agama mengangkat tagline Haji Ramah Lansia. Karena itulah petugas memprioritaskan jemaah haji lansia.

“Jemaah lansia akan mendapat layanan terlebih dahulu, mulai dari turun bus, hingga membantu mendorong kursi roda selama di Asrama Haji,” lugasnya.

Para jemaah lansia ini juga lebih dulu mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan. Hal serupa juga dilakukan saat jemaah antre untuk melakukan pengecekkan dokumen, pembagian gelang tanda jemaah hingga pembagian kamar di Asrama Haji Banjarmasin

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

Tentu saja hal ini tidak membuat jemaah lainnya lantas dikesampingkan. Seluruh PPIH tampak sangat membantu tanpa mengenal lelah meskipun ada ratusan jemaah yang mulai masuk ke Asrama Haji Banjarbaru.

“Jemaah lansia menjadi fokus pelayanan petugas haji sejak keberangkatan hingga kepulangan nantinya,” tandasnya. (Hardi)