Pj Bupati Barsel: Perlunya Nakes dan Dokter di Daerah Terpencil

IST/BERITA SAMPIT: Pj. Bupati Barsel Dr. H. Deddy Minarwan,S.STP.,M.Si saat mengunjungi beberapa desa di wilayah enam kecamatan.

BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) H Deddy Winarwan menyebutkan, perlunya tenaga kesehatan (nakes) diwilayah Kecamatan dan Desa di daerah ini. Karena keberadaan dokter sangat dibutuhkan untuk melayani kesehatan warga yang berada di kecamatan dan desa terpencil yang jauh dari ibukota kabupaten.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Barsel Deddy Minarwan saat mengunjungi enam kecamatan dan desa yang ada di Barsel beberapa waktu yang lalu bersama unsur SOPD Barsel.

Dikatakannya, kunjungan keenam kecamatan di Barsel tersebut sekaligus mendengarkan aspirasi dan harapan warga untuk pembangunan yang merata serta untuk keperluan pelayanan di kecamatan hingga pedesaan.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Ada banyak daerah yang kita datangi aksesnya, melalui akses sungai dimana membutuhkan waktu bila dari desa tertentu menuju kota,” katanya.

Menurutnya, hal inipun menjadi perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Barsel bagaimana pelayanan kesehatan harus benar-benar diperhatikan terutama tenaga medis khususnya dokter dan minimal ada dua dokter yang tersebar di enam kecamatan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kepada Asisten Pemerintahan hingga Dinas Kesehatan (Dinkes) saya instruksikan untuk memperhatikan kebutuhan nakes yang ada di pelosok daerah.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Agar pemerataan kesehatan, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan yang paling penting harus ada dokter umum hingga dokter gigi,” jelasnya.

Terkait penerimaan tenaga P3K lanjutnya, bisa menjadi jawaban akan kekurangan tenaga baik tenaga administrasi hingga kesehatan supaya bisa ditempatkan di beberapa wilayah desa.

“Sehingga apa yang menjadi kebutuhan yang ada bisa terpenuhi,” tukas Deddy Minarwan.(Ded)