Bawaslu Kota Palangka Raya Ajak Elemen Masyarakat Lakukan Pengawasan Pemilu

RAHUL/BERITASAMPIT - Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, bertempat di Ruang Puruk Cahu, Hotel Neo Palma Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut, Sabtu, 10 Juni 2023.

PALANGKA RAYA – Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengatakan bahwa pengawasan partisipatif merupakan pengawasan secara mandiri yang perlu dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat.

“Masyarakat perlu terlibat secara aktif, mandiri dan berani. Atau berani melapor ke Bawaslu apabila ada dugaan pelanggaran Pemilu,” katanya pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang di gelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palangka Raya, bertempat di Ruang Puruk Cahu, Hotel Neo Palma Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut, Sabtu 10 Juni 2023.

BACA JUGA:   Tiga Pentolan Gerindra yang Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Endrawati menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini bisa menekan atau mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di wilayah Kota Palangkaraya.

“Sehingga tanggung jawab kami bukan hanya kami saja yang mengemban. Tapi juga suksesnya Pemilihan Umum juga tanggungjawab kita bersama. Bukan hanya penyelenggara Pemilu dalam hal ini Bawaslu saja,” tandasnya

BACA JUGA:   Hj. Aster Bonawaty Ungkapkan Diri Siap Maju dalam Pilkada Bartim

Endrawati mengatakan, organisasi masyarakat (ormas), OKP, media massa penting sebagai ujung tombak di masyarakat membantu untuk memberikan informasi kepada Bawaslu terkait dengan jalannya Pemilu.

“Bawaslu mempunyai perangkat di tingkat  Kecamatan dan Kelurahan. Rencananya pada saat 1 bulan sebelum Pemungutan Suara pada Pemilu 2024, akan membentuk pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diperkirakan sebanyak 811 Pengawas,” pungkasnya.

(Rahul)