Upacara Gabungan ASN, Ini yang Ditekankan Bupati Katingan

BITRO/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat memimpin apel gabungan.

KASONGAN – Bupati Katingan, Sakariyas pimpin  upacara gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dan apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan(karhutlah)Tahun 2023.

Menurut Sakariyas hari lahir Pancasila, yang diperingati  setiap tanggal 1 Juni, untuk terus mengamalkan nilai ideologi Pancasila,Mengenang jasa para pendahulu, serta mensyukuri prestasi bangsa indonesia berkat bimbingan Pancasila.

“Mari kita mengamalkan sikap toleran, serta menghargai perbedaan. Karena toleransi, Persatuan dan gotong royong adalah kunci untuk membangun bangsa yang kokoh,”ungkap Bupati Katingan, Sakariyas di halaman kantor Bupati Katingan, pada Senin 19 Juni 2023.

Orang nomor satu di kabupaten Katingan menjelaskan, mengajak kita semua bergerak bersama menolak ekstrimisme, menolak politisasi indentitas dan agama serta menolak segala bentuk provokasi, mari sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan sukacita. Dengan semangat Pancasila,

“Kita bersama-sama mendorong kebangkitan generasi yang kolaboratif dan setiap membangun peradaban yang lebih baik serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan global,”jelasnya

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

lanjutnya Sakariyas menyampaikan informasi bahwa berdasarkan prediksi BMKG, secara umum Katingan akan memasuki musim kemarau yang sangat kering sejak periode bulan Juni dan diperkirakan hingga bulan oktober tahun ini.

“Sebagai insan percaya kepada Tuhan yang esa, tentunya kita selalu berharap bahwa Katingan aman segala jenis bencana, dan seiring dengan itu juga harus mempersiapkan diri untuk siaga menghadapi potensi terjadi nya kebakaran hutan,” Imbunya.

Selain itu, Kat Sakariyas berdasarkan data yang saya terima, melalui periode Januari sampai dengan 17 Juni 2023, terdapat 160 hotspot terbesar di wilayah Katingan, meski jumlah ini sangat kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan harus kita tingkatkan serta antisipasi dini harus dilakukan.

“Saya apresiasi juga kepada seluruh jajaran penanggulangan bencana, serta seluruh tenaga yang bergerak di lapangan, yang telah dengan sgaonya bertugas serta selalu siap siaga dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan di Katingan,”katanya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosialisasikan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada OPD

Bupati Katingan menetapkan status siaga darurat bencana pada 30 Mei 2023 yang lalau, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Katingan melalui keputusan Bupati Katingan nomor 360/268 tahun 2023.

Saya berharap dalam penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan , sinergitas seluruh stakeholder dalam melaksanakan penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan ini dapat terjalin dengan baik.

Sehingga  potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan yang dihadapi tahun ke tahun memiliki eskalasi dan karakter yang berbeda-beda yang disebabkan oleh kondisi lahan,Cuaca dan iklim.

Ia yakin dengan sinergisitas antara pemerintah, lembaga usaha, masyarakat serta media akan mampu untuk menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan tersebut.(Bitro)