Dari Kunjungan Menteri Siti Nurbaya ke TNTP, Plh Sekda Juni Gultom: Pemkab Kobar Tetap Komitmen Memelihara Hutan Berkelanjutan

IST/BERITA SAMPIT - Menteri LHK Siti Nurbaya, didampingi Plh Sekda Kobar Juni Gultom, saat foto bersama di lokasi TNTP.

PANGKALAN BUN – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama United States’ Congressional Delegation/Delegasi Kongres AS, didampingi Plh Sekda Kobar Juni Gultom mewakili Pj Bupati Kobar berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Putting (TNTP), Sabtu 22 Juli 2023.

“Banyak kegiatan yang dilakukan Ibu Menteri Siti Nurbaya, dilokasi Taman Nasional Tanjung Puting kemarin, sehingga kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kobar, mewakili Pj Bupati Kobar mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga ke Ibu Menteri, bersama rombongannya,“ kata Juni Gultom, dikonfirmasi usai acara Kunjungan Mentri Siti Nurbaya ke Istana Kuning, Minggu 23 Juli 2023.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), menurut Juni Gultom tetap komitmen dalam memelihara hutan, juga komitmen sustainable development dan turut berkontribusi menjaga planet dari perubahan iklim.

“Dan tentunya, harapan Pemkab Kobar adalah bersama sama mengembangkan collaborative governance dalam pembangunan daerah, khususnya dalam memelihara hutan, seperti hutan Taman Nasional Tanjung Putting,“ ujarnya.

Seraya menambahkan,  selain telah lama TNTP menjadi magnet wisata dunia karena berhasil melestarikan Orangutan yang nyaris punah di dunia, juga yang paling utama TNTP, salah satu hutan tripois di dunia yang sampai sekarang berperan sebagai “Paru-Paru Dunia”.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

“Sehingga bisa membuahkan Perjanjian Bilateral Kerangka Kerja Indonesia’s Folu Net Sink 2030.  Seperti telah disampaikan Ibu Menteri LHK Siti Nurbaya , bahwa  tujuan mengudang dua delegasi Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), ke TNTP untuk memperlihatkan bukti nyata keberhasilan upaya konservasi kawasan dan keanekaragaman hayati, termasuk melindungi spesies ikonik Indonesia seperti orangutan,” pungkas Juni Gultom. (Man)