BMKG: Bartim Sudah Memasuki Musim Kemarau

IST/BERITA SAMPIT - BMKG Provinsi Perkiraan musim kemarau di Kabupaten Barito Timur

TAMIANG LAYANG – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan bahwa saat ini untuk wilayah beberapa bagian di Kalteng sudah memasuki musim kemarau seperti di Kabupaten Barito Timur (Bartim) saat ini diperkirakan sampai bulan Semptember.

“Untuk wilayah Bartim, sebagian sudah masuk di Juli (bartim Bagian Barat) dan sebagian masuk di September (Bartim Bagian Timur),” tuturnya, Rabu 2 Agustus 2023.

Selain itu BMKG Provinsi Kalteng juga menyampaikan untuk di Kabupaten lain juga sudah memasuki musim kemarau seperti di daerah Kotawaringin Timur (Kotim) sudah memasuki musim kemarau.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

“Secara umum wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur telah memasuki musim kemarau pada bulan Juni dasarian II hingga Juli dasarian I. Dan untuk puncak musim kemaraunya sendiri secara umum untuk Kab. Kotawaringin Timur diprakirakan terjadi pada bulan Juli 2023, sedangkan untuk Kotawaringin Timur bagian selatan dan pesisir selatan Kotawaringin Timur puncak musim kemaraunya diprakirakan pada bulan September 2023,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Diketahui saat ini sungai Sirau dan beberapa sumur warga terlihat surut dan diperkirakan bahwa musim kemarau sudah terjadi di Bartim.

Edy Warga sekitar Desa Magantis juga mengatakan bahwa dari tanda tandanya sudah memasuki musim kemarau dari bentuk Bulan.

“Jika bulan berbentuk mangkuk tumpah kemiringan 90° mengarah Batar yang menurut orang tua jaman dulu bahwa kemarau akan tiba,” katanya.

(Redha)