Satgas Karhutla Barsel Padamkan Kebakaran Lahan di Dua Lokasi

DEDDY/BERITA SAMPIT - Satgas Karhutla Barsel saat memadam kebakaran di Desa Manggaris dan menggunakan sarana transportasi air (getek) untuk memadamkan api di Danau Malawen.

BUNTOK – Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) padamkan kobaran api, di dua lokasi yang berbeda yakni di Desa Manggaris dan Danau Malawen Kecamatan Dusun Selatan (Dusel). Kamis, 3 Agustus 2023.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Barsel Ganda Daya Bina,SH melalui Kabid Damkar Piad John,S.Hut saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp membenarkan bahwa, telah terjadi karhutla di dua lokasi yang berbeda yakni Desa Manggaris dan Danau Malawen.

Dikatakannya, karhutla di Desa Manggaris sekitar pukul 11.30 WIB dan yang terlebih dahulu melakukan pemadaman pihak BPBD bersama-sama dengan UPT KPHP Barito Hilir, TNI dan Polri.

Dimana pihak BPBD juga menurunkan satu unit mobil tangki, tiga unit pikap angkutan mesin dan peralatan pemadaman, UPT KPHP Barito Hilir menurunkan satu unit mobil tangki, Polres Barsel menurunkan satu unit mobil water canon serta dibantu Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sababilah untuk bersama-sama memadamkan api. Namun kobaran api semakin membesar, dikarenakan faktor cuaca yang cukup menyengat dan sedikit berangin maka pihak BPBD langsung menghubungi Damkar Barsel.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Mendapatkan informasi, bersama seluruh anggota kita pun langsung bergerak ke lokasi karhutla tersebut dengan menurunkan tiga unit armada yakni dua unit mobil tangki kapasitas 4000 liter dan satu unit mobil kapasitas 6000 liter,” katanya.

DEDDY/BERITA SAMPIT – Pj. Bupati Barsel Dr. H Deddy Minarwan,S.STP.,M.Si saat cek langsung ke lokasi karhutla.

Pada saat yang bersamaan, dan setelah proses pemadaman api dapat ditanggulangi Satgas Karhutla Barsel langsung bergerak menuju Danau Malawen tepatnya di Pamait karena mendapatkan laporan dari masyarakat juga terjadi karhutla.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Setelah tiba di lokasi, Satgas Karhutla Barsel langsung memadamkan kebakaran tersebut dan kurang lebih 1 jam api bisa dipadamkan,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam proses pemadaman karhutla di Danau Malawen Damkar Barsel menurunkan satu unit perahu kelotok (getek) dan satu mesin apung.

Sementara pihak BPBD, juga menurunkan dua unit perahu karet dan dua mesin apung. Adapun luas lahan yang terbakar, di Desa Manggaris 3 hektar dan di Danau Malawen 2 hektar.

“Terkait asal api di dua lokasi karhutla, apakah memang ada yang sengaja membakar atau terbakar sendiri belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib,” pungkas Piad John.

Pada saat pemadaman karhutla di dua lokasi yang berbeda tersebut, Pejabat (Pj) Bupati Barsel H Deddy Minarwan juga langsung turun ke lokasi untuk cek keadaan. (Ded)