Pj Bupati Barsel Pimpin Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023

DEDDY/BERITA SAMPIT -. Pj. Bupati Barsel Dr. H Deddy Minarwan,S.STP.,M.Si foto bersama dengan pengurus Kwarcab Barsel.

BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Deddy Winarwan pimpin upacara hari Pramuka ke-62, bertempat di lapangan sanggar pramuka Buntok, Senin 14 Agustus 2023.

“Hari ini tanggal 14 Agustus 2023 anggota gerakan pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kami cintai ini telah berusia genap 62 tahun. Pada tahun ini sekaligus, memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912,” kata Deddy Minarwan dalam sambutannya.

Tema yang diusung pada upacara peringatan hari pramuka ke-62 tahun 2023 ini, lanjutnya, yakni “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62 Mari Kita Wujudkan SDM  yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Tema ini menunjukkan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional, mencermati SDM kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan,” jelasnya.

Wawasan kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih saat ini, akan menghadapi tahun politik kiranya persatuan dan kesatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk mencapai persatuan dan kesatuan,” sambungnya.

Pj Bupati Barsel menuturkan, pramuka merupakan salah satu motor pengerak dalam pembangunan bangsa, maka melalui gerakan pramuka akan lahir para pemimpin bangsa di masa depan serta berperan penting dalam mendidik pemuda Indonesia, sehingga dapat menjadi manusia-manusia Pancasilais, berkarakter baik, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta siap mengabdi bagi bangsa dan negara.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Gerakan pramuka juga memiliki tujuan melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada didalam diri baik itu intelektual, spiritual, sosial dan fisik. Semoga melalui gerakan pramuka ini seluruh generasi muda selalu bersemangat, produktif dan kreatif dalam berkarya dengan terus meningkatkan kemampuan serta keterampilan,” tukas Deddy Minarwan.

Upacara hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 ini juga dihadiri oleh, Sekretaris Daerah (Sekda Barsel) Edi Purwanto, Asisten I  III, beberapa Kepala SOPD, Unsur Tripika Kecamatan serta tamu undangan lainnya.(Ded)