BPBD Pastikan Ketersediaan Air Bersih di Seruyan Masih Aman

AHMAD/BERITASAMPIT - Kabid Penegahan dan Kesiapsiagaan Arman Tanjung saat diwawancarai pada Rabu 6 September 2023.

KUALA PEMBUANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan memastikan bahwa hingga saat ini pihaknya masih belum menerima laporan dari masyarakat terkait kekurangan air bersih di kabupaten setempat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyono melalui Kabid Penegahan dan Kesiapsiagaan Arman Tanjung mengatakan, sampai saat ini belum ada warga yang melaporkan kekurangan air bersih.

“Kalau untuk pasokan air bersih masih aman-aman aja, belum ada laporan dari masyarakat terkait air bersih,” kata Arman, Rabu 6 September 2023.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Menurut dia, jika berkaca pada musim kemarau beberapa tahun sebelumnya, warga di Kabupaten Seruyan akan mengalami krisis air bersih ketika sudah masuk kemarau panjang.

“Biasanya kalau sudah empat bulan sumur-sumur yang ada di Kuala ini asin semua, itu baru ribut-ribut terkait pasokan air bersih, seperti pada tahun 1997,” ujarnya.

Menurut Arman, meskipun sudah memasuki puncak musim kemarau di Kabupaten Seruyan tidak ada daerah yang kekurangan air bersih.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rapat Inflasi Mingguan dan Gerakan Pangan Murah

“Kalau untuk kejadian di daerah Trans Pematang Panjang, di lingkar kota dan daerah Segintung itu sering kejadian. Biasanya di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Arman, masyarakat masih bisa memanfaatkan sumber air seperti sumur bor dan PDAM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tapi sekarang dengan adanya sumur bor dan PDAM itu masih lancar aja,” imbuhnya.