Polres Sukamara Siapkan Personel dan Sapras Tanggulangi Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Personil Polres Sukamara bersama TNI dan lainnya saat memadamkan api yang membakar lahan kering.

SUKAMARA – Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel dan sarana prasarana untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang biasa terjadi saat musim kemarau.

“Untuk penanggulangan karhutla kami lakukan sinergitas bersama TNI, Pemkab Sukamara, Manggala Agni, pihak perusahaan perkebunan dan lainnya serta masyarakat yang terlihat proaktif untuk ikut penanggulangan karhutla,” terang Dewa Made Palguna, Rabu 6 September 2023.

Menurut Dewa, masyarakat yang ikut aktif dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan lantaran dalam beberapa hari ini kebakaran telah ikut melahap kebun-kebun kelapa sawit milik warga.

BACA JUGA:   Pasar Saik Sukamara Bakal Direnovasi dan Ditata

“Karena ada beberapa kebun yang terbakar masyarakat juga turun tangan,” ucap Dew Palguna.

Dewa Palguna mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen dalam upaya penanggulangan dan pencegahan bencana alam khususnya karhutla.

“Semua itu masih menjadi perhatian kami semua Bhabinkamtibmas turun setiap hari untuk memberikan imbauan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Sukamara bersama TNI Polri dan stakeholder terkait bersiap untuk antisipasi dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang mulai marak terjadi di Bumi Gawi Barinjam.

BACA JUGA:   Lapas Sukamara Usulkan 65 Warga Binaan Mendapat Remisi Idul Fitri

Bupati Sukamara, Windu Subagio memimpin apel gelar pasukan dan sarana prasarana dalam rangka siaga karhutla di Halaman Kantor Bupati Sukamara, Rabu 6 September 2023.

Windu Subagio mengatakan bahwa apel ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah bersama stakeholder terkait dalam penanggulangan dan antisipasi bencana karhutla.

“Saat ini semua personel dan Sapras kita siagakan dalam rangka penanggulangan karhutla,” kata Windu Subagio usai memimpin apel gelar pasukan dan Sapras dalam rangka siaga karhutla. (enn).