Dewan Berharap Objek Wisata di Wilayah Kalteng Memiliki Cinderamata Khas

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing berharap setiap objek wisata yang ada di wilayah Kalteng ini terutama yang merupakan unggulan memiliki cinderamata khas wisata itu sendiri.

Ia menjelaskan, membuat sebuah cinderamata ciri khas wisata merupakan salah satu upaya pengembangan terhadap sektor pariwisata. Sebab, cinderamata kerap dicari wisatawan ketika berkunjung kesebuah objek wisata.

“Saya rasa di Kalteng masih minim objek wisata yang menjual cinderamata khas wisata itu. Padahal cinderamata ini salah satu yang penting ada disebuah objek wisata karena banyak dicari dan dijadikan sebagai kenang-kenangan oleh wisatawan,” ucapnya, Sabtu 9 September 2023.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

Ia menjelaskan, melalui produk cinderamata juga dapat mengenalkan sebuah objek wisata secara luas, sehingga hal ini bisa menjadi refrensi pihak pengelola dan didukung oleh pemerintah daerah (pemda).

Selain itu, dalam memaksimalkan hal ini perlu dibangun atau memberdayakan usaha masyarakat seperti UMKM atau IKM yang khusus membuat produk cinderamata objek wisata yang ada di Kalteng.

“Cinderamata ini kan bentuknya bermacam-macam ada kaos, gantungan kunci, dan lain-lain yang memang mengambarkan wisata itu. Jadi industri atau memberdayakan usaha masyarakat bisa menjadi solusi untuk mengadakannya,” lugasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Ia menambahkan, dengan adanya produk cinderamata disetiap objek wisata maka akan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung, sehingga hal ini supaya dapat dipikirkan.

“Selain sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung yang lengkap, cinderamata menjadi salah satu yang peting ada disebuah objek wisata, karena memang intinya cinderamata itu banyak dicarai wisatawan,” tandasnya. (Hardi)