Dewan Berharap Pemerintah Daerah Terus Tingkatkan Sinergi dalam Pelaksanaan Pembangunan

IST/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Sugiyarto

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Sugiyarto berharap agar pemerintah daerah (pemda) yakni provinsi bersama kabupaten dan kota untuk terus meningkatkan sinergi.

“Pada pelaksanaan pembangunan juga sangat bergantung dengan sinergi yang baik semua pemerintah daerah, dari tingkat pusat, provinsi, kabuparen dan kota,” ucapnya, Minggu 10 September 2023.

Ia menambahkan, dengan sinergi yang baik, dapat memaksimalkan peran pemerintah daerah itu sendiri untuk memaksimalkan setiap sektor, mulai dari industri, pengelolaan sumber daya alam (SDA), dan sektor strategis lainnya di setiap daerah.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kalteng Hadiri Sidang Terbuka Senat UPR: Wisudawan Harus Mampu Berkontribusi di Tengah Masyarakat

“Ketersediaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) semua daerah berbeda. Ada yang kecil ada yang besar. Tanpa adanya sinergitas dalam pelaksanaan program pembangunan semua daerah, tentu akan menyulitkan daerah dengan APBD yang kecil untuk berkembang,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan penguatan sinergi tersebut, maka masing-masing daerah nantinya dapat memaksimalkan pelaksanaan program pembangunan yang dapat mendorong keterbukaan akses antar kabupaten atau provinsi, sehingga juga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian daerah.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Melalui penguatan sinergi tersebut, pengalokasian anggaran pembangunan dari pusat hingga ke daerah bisa diselaraskan dengan lebih baik. Sehingga pembangunan bisa tetap dipacu dalam rangka mendorong kemajuan daerah serta perekonomian masyarakat,” lugasnya.

Ia juga tetap berharap, kendatipun ada daerah yang APBD yang tidak terlalu besar, harapkan pemerintah di tiap daerah bisa tetap memaksimal membangun untuk kesejahteraan masyarakat. (Hardi)