Penjabat Bupati Barsel Buka Lomba Dayung Tradisional Perahu Naga

DEDDY/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Barsel Deddy Minarwan didampingi Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, usai melepas dan menyaksikan langsung lomba dayung.

BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Dr. H Deddy Minarwan, S.STP., M.Si secara resmi membuka kegiatan lomba dayung tradisional perahu naga Pj. Bupati Barsel Cup 2023. Kegiatan berlokasi di arena dayung Danau Sadar Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Selasa 12 September 2023.

Usai membuka secara resmi lomba dayung tersebut kepada awak media Deddy Minarwan mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dari Forkopimda, panitia, official dan atlet-atlet dayung yang bertanding hingga terlaksananya kegiatan ini.

Dikatakannya, pada kesempatan ini juga dirinya meminta kepada seluruh atlet yang bertanding agar tetap patuh dengan hasil keputusan dari pihak panitia lomba. Oleh karena itu, sebelum panitia mengumumkan hasil pemenangnya agar masing-masing kapten tim pendayung sama-sama melihat hasilnya dilayar kamera.

“Yang jelas kegiatan lomba dayung ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT Barsel ke-64,” katanya.

DEDDY/BERITA SAMPIT – Tampak antusias masyarakat yang menyaksikan lomba dayung tradisional perahu naga.

Orang nomor satu di Barsel ini juga mengajak kepada seluruh pengunjung, untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Apabila tidak kondusif, saya pastikan pihak keamanan dalam hal ini Polres Barsel tidak akan memberikan ijin lagi lomba seperti ini boleh kita euforia namun tetap jaga kondusifitas,” terangnya.

Dia menyampaikan bahwa ada beberapa provokator yang memanaskan suasana padahal tidak perlu karena acara ini terselenggara bukan karena ada anggaran di APBD. Bukan hanya dukungan dari masyarakat dan Forkopimda saja, tapi juga ada izin dari aparat keamanan apabila aparat keamanan menilai tidak kondusif bisa menimbulkan korban.

“Sehingga izin tersebut akan dicabut dan kalau izin dicabut siapa yang dirugikan, tentunya kita semua termasuk para atlet,” jelasnya.

Lomba dayung ini digelar untuk mencari bakat-bakat atlet untuk mewakili daerah ini di pekan olahraga yang lebih tinggi yaitu Porprov maupun PON. Seperti pada gelaran Porprov di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur beberapa waktu lalu, yang cabor dayung memberikan hasil yang memuaskan dengan meraih satu mendali perak dan tiga mendali perunggu.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Ini menunjukan atlet-atlet dayung Barsel mempunyai potensi yang sangat baik. Oleh karena itu, ia meminta bagi masyarakat yang menonton jaga kondusifitas, jaga keamanan dan ketertiban, jangan bikin ribut dan jangan memprovokasi.

“Oleh karena itu mari kita jadi penonton yang tertib, dukung atlet kita tetapi dalam koridor yang benar menang kalah itu biasa yang terpenting adalah sportifitas dan fair play,” imbuh Deddy Minarwan.

DEDDY/BERITA SAMPIT – Saat lomba dayung tim Desa Baru melawan tim Dusun Bambaler.

Sementara itu Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman,SIK.,MIK menambahkan, bahwa lomba dayung ini sudah lama vakum atau mati, sehingga baru tahun ini bisa dilaksanakan kembali. Oleh karena itu, Polres Barsel mengimbau kepada seluruh masyarakat Barsel baik itu suporter, pendukung dan yang lainnya yang hadir di perlombaan dayung hari ini.

“Mari kita sama-sama menjaga situasi tertib, dan lomba bisa berjalan dengan lancar sampai dengan selesai,” pungkas Yusfandi Usman. (Deddy)