Kepala OJK Kalteng Sebut Inklusi Keuangan yang Baik Dapat Mengurangi Tingkat Kemiskinan

IST/BERITA SAMPIT - Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy

SUKAMARA – Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy dalam paparannya menyampaikan bahwa dengan inklusi keuangan yang baik dapat mengurangi tingkat kemiskinan.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri seminar dengan tema “Potensi Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vaname” yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara bersama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah, di Aula Kantor Bupati Kabupaten Sukamara, Selasa 19 September 2023 kemaren.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Ia menjelaskan, dengan adanya program budidaya udang tersebut juga terbukti meningkatkan akses keuangan masyarakat ditandai dengan adanya peningkatan pada kredit sektor perikanan sebesar Rp3,5Miliar atau tumbuh sebesar 288 persen (Yoy) pada bulan Juli 2023.

“Pertumbuhan yang baik ini harus dijaga dan mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, agar terus bertumbuh secara stabil. Kedepannya, program tersebut juga dapat dikembangkan melalui pemanfaatan produk Kredit Melawan Rentenir yaitu Kurda Sukma yang telah dimiliki oleh TPAKD Kabupaten Sukamara,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kunker di Kejari Seruyan, Kejati Kalteng Ingatkan Profesionalisme dalam Pelaksanaan Tugas

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Maghfur menyampaikan adanya hilirisasi dari budidaya udang vaname ini berperan besar dalam meningkatkan nilai tambah produk-produk unggulan di Kabupaten Sukamara yang berorientasi ekspor. (Hardi)