Dinas PUPR Barsel Ekspos Laporan Akhir RDTR Kota Buntok

DEDDY/BERITA SAMPIT - Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Barsel Yoga Prasetianto Utomo, SSTP., MM (pertama dari kanan), saat memimpin rapat ekspose laporan akhir RDTR Kota Buntok.

BUNTOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) ekspose laporan Rencana Detail Tata Ruang (RDTL) Kota Buntok. Kegiatan bersama konsultan ini dilaksanakan, Kamis 5 Oktober 2023 di aula Pemda Barsel.

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Barsel Yoga Prasetianto Utomo mengatakan, kegiatan ekspose laporan RDTL Kota Buntok tersebut merupakan rangkaian untuk menyampaikan laporan akhir yang disampaikan oleh tim teknis melalui konsultan.

“Dimana mereka menjelaskan, bahwa rencana tata ruang Kota Buntok akan dilaksanakan di sejumlah titik di Kota Buntok,” katanya, Jumat 6 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Menurutnya, dengan proses yang ada Dinas PUPR Barsel akan berkonsultasi dengan pihak Provinsi maupun Kementerian yang mana akan mendapatkan penetapan.

“Fungsi RDTL ini untuk perizinan dimana fungsi kawasan dan tempat supaya orang yang melakukan izin melalui Pemerintah Daerah masuk ke dalam melalui sistem OSS yang dilaksanakan oleh pihak perizinan,” jelas Yoga Prasetianto Utomo.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Senada disampaikan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Barsel Arief Purnomo, SP., MT, bahwa RDTL ini adalah untuk membantu masyarakat di dalam proses perizinan supaya lebih mempermudah dan lebih transparan. Tentunya tidak menyulitkan bagi masyarakat dan juga masyarakat lebih tertib terhadap pembangunan maupun dalam usaha.

“Sehingga diharapkan dengan adanya penyusunan RDTL yang akan dimasukan di dalam OSS maka bisa diakses oleh seluruh masyarakat,” tutup Arief Purnomo. (Deddy)