Kepemimpinan yang Baik Adalah Dengan Hati

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun saat menjadi narasumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa.

PALANGKA RAYA – Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Katma F. Dirun menyampaikan, bahwa kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan dengan hati.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, di Hotel Aquarius, Kota Palangka Raya, Minggu 15 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

“Apabila seorang pemimpin yang memimpin organisasi dengan hati, mau mendengarkan dan juga dapat menjadi contoh teladan yang baik terhadap anggota organisasi serta masyarakat, maka niscaya akan membawa dampak positif bagi pelaksanaan kinerja dan pembangunan,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, pada konteks kehidupan bermasyarakat di Kalimantan Tengah, Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa juga dapat menerapkan prinsip kepemimpinan Huma Betang.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

“Prinsip Huma Betang ini merupakan kepemimpinan yang mengedepankan kearifan lokal yang sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan yang tertuang dalam Pancasila, antara lain spiritualitas (campur tangan Tuhan), jujur dan terbuka, nilai-nilai kekeluargaan, musyawarah serta mendahulukan kepentingan bersama,” pungkasnya. (Hardi)