Geruduk KPU Hingga Penjarahan Warnai Simulasi Pengamanan Pemilu di Sukamara

ENN BERITA SAMPIT - Suasana simulasi pengamanan pemilu yang dilaksanakan oleh Polres Sukamara.

SUKAMARA – Suasana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukamara nampak mencekam pada Selasa 17 Oktober 2023 pagi, hal itu lantaran adanya kedatangan sekelompok massa yang tidak puas terhadap hasil penghitungan suara pemilihan umum 2023 yang telah ditetapkan dalam rapat pleno oleh KPU Sukamara.

Kedatangan massa yang berjumlah ratusan orang itu sempat membuat situasi semakin rusuh, sehingga Polres Sukamara harus menurunkan kekuatan penuh untuk memukul mundur massa yang sempat berbuat anarkis agar tidak meluas.

Namun usai kerusuhan yang terjadi di Kantor KPU Sukamara, muncul masalah baru, massa yang tidak puas melakukan penjarahan terhadap toko-toko yang ada di Sukamara, hal itu membuat Polres Sukamara langsung memberlakukan Sispam kota.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

Situasi tersebut merupakan gambaran dari pengamanan pemilu 2024 yang digelar oleh Polres Sukamara sebagai bentuk persiapan teknis, taktik untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi selama pelaksanaan pemilu serentak di wilayah hukum Polres Sukamara.

“Semoga dengan latihan yang terus kami laksanakan ini dan sebagian kecil kami tampilkan dalam simulasi tahapan pemilu yang berpotensi rawan terjadinya kerusuhan,” jelas Dewa Palguna usai simulasi di halaman Kantor KPU Sukamara.

“Selain itu dalam simulasi ini juga kami perlihatkan apa saja langkah-langkah dari kepolisian dalam penanganan setiap tahapan pemilu,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Sampaikan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2023 

Kapolres Sukamara juga berharap peran serta masyarakat dan stakeholder terkait dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Sukamara agar tetap aman setiap tahapan pemilu.

“Kami juga berharap kerjasama masyarakat dan stakeholder dalam menjaga situasi tetap aman dan nyaman,” tukas Dewa Palguna.

Simulasi pengamanan Pemilu yang dilaksanakan di Halaman Kantor KPU Sukamara juga disaksikan oleh Staf Ahli Pemkab Sukamara, Arif Rahman Hakim, Ketua DPRD Sukamara Heriawan Putra, Kajari Sukamara, Suhartono, Danramil 06 Sukamara, Lettu Inf Dimyadi dan pimpinan partai politik peserta pemilu di Kabupaten Sukamara serta organisasi masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi pemuda Sukamara. (enn).