Kawal Pemilu Serentak, Polres Barsel Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman,S.I.K.,M.I.K saat menyematkan pita kepada personel gabungan operasi mantap brata telabang 2023-2024.

BUNTOK – Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang tahun 2023-2024, Selasa 17 Oktober 2023, bertempat di halaman Mapolres lama jalan tugu Buntok.

Dalam sambutannya Kapolres Barsel Yusfandi Usman membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo,M.Si menyampaikan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel termasuk sarana prasarana dalam menjalankan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang diharapkan pemilu serentak berjalan dengan aman dan lancar.

“Operasi mantap brata berlangsung selama 222 hari, dimulai sejak tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 yang melibatkan sebanyak 261.695 personel di seluruh Indonesia untuk mengamankan berbagai tahapan pemilu,” katanya.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Menurut Yusfandi Usman, selain itu juga Polri menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk menghadapi tantangan polarisasi dan berita palsu yang bisa muncul selama pemilu.

“Tentunya ini termasuk upaya mengantisipasi isu SARA, propaganda serta kampanye hitam dan seluruh operasi ini akan didukung oleh pusat kendali koordinasi komunikasi dan informasi (K3) yang terintegrasi,” jelasnya.

Kapolri juga menekankan lanjut orang nomor satu di Polres Barsel ini, pentingnya komunikasi publik, edukasi masyarakat serta kerjasama antar instansi untuk mengatasi pelanggaran dan tindak pidana pemilu.

“Pentingnya komunikasi publik, edukasi masyarakat serta kerjasama antar instansi untuk mengatasi pelanggaran dan tindak pidana pemilu,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Ditambahkannya, Operasi Mantap Brata 2023-2024 juga harus menghadapi potensi konflik sosial, bencana alam dan ancaman terorisme dengan tindakan yang sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

“Kapolri juga berharap, semua pihak termasuk masyarakat akan bersinergi dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 mendatang dan stakeholder terkait dianggap kunci keberhasilan operasi ini,” tukasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Telabang 2023-2024 ini juga dihadiri unsur Forkopimda, KPU, Bawaslu, personel gabungan TNI/Polri, Satpol-PP dan Damkar, Dishub, Rutan Buntok, mitra Kamtibmas dan berbagai ormas serta tamu undangan yang lainnya. (Deddy)