Pj Bupati Sebut Katingan Tempati Posisi Pertama Penyerapan Belanja

BITRO/BERITA SAMPIT — Suasana rapat yang dipimpin Pj Bupati Katingan di Aula Bappelitbang pada Selasa 17 Oktober 2023.

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Syaiful menyebut saat ini Katingan menempati posisi pertama dalam penyerapan belanja tahun anggaran 2023. Sedangkan dari sisi pendapatan Kabupaten Katingan menempati urutan ketiga dari 13 kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Pada saat rapat Tepra tingkat Provinsi bahwa Kabupaten Katingan dalam penyerapan anggaran berada di posisi pertama dari 14 kabupaten/kota, sedangkan dari sisi pendapatan berada di peringkat ketiga. Untuk itu dalam rapat Tepra tingkat Kabupaten ini juga kita akan ada evaluasi-evaluasi terhadap pendapatan yang sudah terealisasi apakah sudah mencapai target yang diharapkan atau masih jauh dari harapan begitu pula tentang penyerapan anggaran,” kata Syaiful di Aula Bappelitbang 17 Oktober 2023.

Selain itu kata Syaiful, dari prestasi yang dicapai tersebut Kabupaten Katingan dapat bersaing dengan kabupaten/kota lainnya sehingga diharapkan apa yang telah dicapai tersebut dapat dijaga dan dipertahankan sedangkan yang masih belum perlu ditingkatkan kembali.

BACA JUGA:   Masyarakat Keluhkan Kehabisan Pertalite di SPBU Buntut Bali, Dugaan Warga BBM Subsidi Diselewengkan

“Masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang perlu diperbaiki sehingga kedepan akan lebih mudah lagi dalam penyelenggaraan dalam tugas untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Katingan,” ujarnya.

Lebih lanjut Pj Bupati menjelaskan, di sisa waktu tahun 2023 ini dia berharap untuk melaksanakan sisa pekerjaan karena dalam realisasi anggaran baik fisik maupun lainnya sudah 62 persen sehingga tersisa 38 persen. Syaiful berharap di akhir tahun ini dapat bekerja maksimal sehingga mencapai 100 persen meskipun jarang dapat dicapai. Namun target 100 persen selalu menjadi harapan.

“Kita bekerja keras untuk mewujudkan apa yang kita programkan meskipun dari informasi yang saya dapat di dinas-dinas bahwa pekerjaan di tahun lalu masih belum tuntas juga di tahun 2023 ini. Tetapi dalam hal ini bukan karena faktor kita, namun karena faktor kondisi dari tingkat pusat yang dapat menindaklanjuti apa yang diupayakan kita di daerah. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan dan serta terobosan bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Dia juga berharap dalam forum rapat tersebut, tidak hanya sekedar dijadikan sebagai kumpul-kumpul saja akan tetapi diharapkan banyak hasil yang didapat karena tugas yang ada di pundak Kepala OPD, Camat, Kepala Badan harus dapat mempertanggungjawabkan kepada masyarakat Kabupaten Katingan yang sangat mengharapkan menyelenggarakan pembangunan yang baik.

“Dalam rapat ini saya mengharapkan menjadi kendala, beban pikiran dalam menyelenggarakan anggaran, program yang sudah disusun akan ada solusi–solusi, sehingga dalam proses pelaksanaannya tidak banyak kendala dapat diminimalisir sehingga dapat mewujudkan apa yang menjadi target realisasi yang sudah dirancang sehingga dapat terwujud pembangunan sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya,” pungkasnya.

(Bitro)