Gempa Bumi Berkekuatan M 4.5 di Kotim Tidak Berpotensi Tsunami

IST/BERITA SAMPIT - Salah satu bangunan yang terdampak gempa bumi di Kotim.

PALANGKA RAYA – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4,5 terjadi di wilayah Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur pada Senin, 30 Oktober 2023 pukul  01.44 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono mengatakan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 4.5, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.31 LS ; 113.02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat  pada jarak 25 km Timur Laut Sampit-Kalimantan Tengah pada kedalaman 13 km.

BACA JUGA:   Laporan PT SCC di Polres Kotim kepada Ketua Koperasi Dianggap Cacat Hukum

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Baamang dan Kecamatan Mentawa Baru, Ketapang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, selain itu hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, hingga,  pukul 02.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” lanjutnya.

BACA JUGA:   Jika Dapat Restu Dari Golkar, Fredy Mustofani Siap Bertarung di Pilkada Kotim

Sementara itu, Prakirawan Cuaca Palangka Raya Alfandy mengimbau masyarakat diimbau untuk tetap tenang. “Jangan percaya dengan kabar, berita, maupun informasi yang tidak jelas asal muasalnya yang justru menambah kecemasan. Pastikan informasi resmi hanya dari BMKG melalui kanal-kanal komunikasi resmi,” ungkapnya. (yud)