Pemkab Gunung Mas Siapkan Langkah Strategis untuk Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah memberikan jawaban atas pemandangan umum dari fraksi partai Demokrat terkait dengan adanya penurunan daya beli masyarakat yang ada di daerah setempat.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard menyampaikan, saat ini, pemerintah daerah telah mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan daya beli masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini menjadi sorotan penting, mengingat gejolak kenaikan harga memicu penurunan daya beli masyarakat.

“Dalam upaya menghadapi gejolak kenaikan harga, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mengambil beberapa inisiatif strategis. Pertama, kami akan melaksanakan kegiatan operasi pasar murah pada setiap kecamatan. Langkah ini diharapkan dapat membantu mengantisipasi dan menghadapi kenaikan harga yang tidak terkendali,”ungkap Richard belum lama ini.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga akan menyediakan cadangan pangan dalam menghadapi keadaan darurat dan gejolak harga. Kerjasama dengan Bulog dilakukan untuk memastikan tersedianya pasokan pangan yang cukup di wilayah tersebut.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Gunung Mas Harapkan Perangkat Daerah Tingkatkan Nilai Indeks Inovasi

“Hal ini juga didukung dengan upaya melindungi petani atau produsen pangan sesuai dengan potensi wilayah dari gejolak penurunan harga pada waktu panen dan masyarakat rawan pangan melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas,”tuturnya.

Langkah-langkah ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan di wilayah tersebut.

“Kami berharap, upaya ini dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan ekonomi dan memperkuat kepercayaan mereka terhadap pemerintah Kabupaten Gunung Mas,” sebutnya.

Sebelumnya, fraksi Partai Demokrat telah meninjau lapangan dan mengusulkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memperbaiki situasi ini.

“Penurunan daya beli masyarakat tidak hanya berdampak pada kestabilan ekonomi, namun juga memberikan dampak negatif pada kesejahteraan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, dukungan pemerintah daerah sangatlah penting untuk memperbaiki situasi ini dan mengurangi tingkat inflasi yang merugikan,” ungkap Juru bicara fraksi partai Demokrat Neni Yuliani belum lama ini.

BACA JUGA:   Pilkada Serentak 2024, Bupati Gunung Mas Ajak Masyarakat Bijak Memilih

Dikatakannya , menjaga stabilitas harga dalam situasi di mana harga barang dan jasa terus naik, masyarakat akan kehilangan kepercayaan terhadap ekonomi dan menarik diri dari pasar. Pemerintah perlu mempertahankan stabilitas harga dengan cara mengendalikan inflasi yang dijamin akan membuat daya beli masyarakat dapat bertahan lebih lama.

“Selain itu, pemerintah juga harus memfasilitasi pasar-pasar murah untuk menjual barang-barang kebutuhan dasar seperti bahan pokok, bahan makanan, dan obat-obatan juga merupakan strategi yang efektif dan dapat menekan kenaikan harga,” tutupnya. (Ale)