Sukseskan Pesta Demokrasi, Masyarakat Gumas Diminta Aktif Jaga Keamanan Kedamaian

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

KUALA KURUN – Pada Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang, masyarakat diminta aktif untuk menjaga keamanan kedamaian pada kepentingan demokrasi.

“Suksesnya Pemilu tidak hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga pemilihan, tetapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat. Jangan hanya memikirkan kemenangan calon, namun juga memastikan perlindungan prinsip-prinsip demokrasi secara menyeluruh dengan menjaga kedamaian, pentingnya merawat proses demokratis untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian masyarakat,” ungkap Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong belum lama ini.

Pada Pemilu tahun 2024, akan segera tiba dan Kabupaten Gunung Mas bersiap untuk menggelar tiga acara demokratis penting pada saat yang bersamaan. Pemilihan-pemilihan ini bukan hanya tentang mengantarkan pemimpin yang kompeten dan dapat dipercaya dalam jabatan, tetapi juga tentang mendukung prinsip-prinsip demokrasi dan memastikan seluruh pemilihan berjalan dengan lancar, tertib, dan aman.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Kembali Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

“Saat ini kita melihat adanya masalah di daerah-daerah terkait Pemilu, seperti aksi-aksi provokasi dan pecah belah yang merusak sepenuhnya semangat asli dari demokrasi. Berhati-hatilah bahwa tindakan itu bukan untuk kepentingan umum, melainkan untuk kepentingan mereka sendiri. Ini bukan saja mempengaruhi perlindungan hak suara, tetapi juga kestabilan sosial lebih luas yang dapat memicu ketidaknyamanan dan ketidakpercayaan di antara masyarakat,”tuturnya.

Dikatakannya, hal penting yang harus ditekankan disini adalah bahwa menjaga kedamaian selama Pemilu, sejalan dengan mendukung prinsip-prinsip demokrasi, merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. Selain itu, merawat proses demokratis juga merupakan tanggung jawab seluruh warga dan kewajiban untuk mengamankan prinsip-prinsip itu.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Minta KONI Pandu Cabor yang Memiliki Potensi Besar

“Untuk mendukung prinsip-prinsip demokrasi, kita harus berpartisipasi dalam proses Pemilu. Partisipasi masyarakat di semua tahapan Pemilu sangat penting untuk menunjukkan kekuatan kemauan masyarakat. Dengan berpartisipasi, dapat memastikan bahwa suara kita akan dihitung dengan benar,” sebutnya.

Dalam konklusi, menjaga kedamaian, berpartisipasi dalam proses Pemilu, dan menghargai hasil Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Gunung Mas.

“Mari kita bersatu untuk memastikan seluruh Pemilu 2024 berjalan dengan cara yang aman, lancar, tertib, dan damai. Kita akan memastikan bahwa kemenangan akan dimenangkan oleh demokrasi dan bersama-sama melindungi prinsip-prinsip dasar hak-hak demokrasi,”tutup Jaya Samaya Monong. (Ale)