Buka Pelatihan Kewirausahaan Pemula, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

BITRO/BERITASAMPIT - Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan pemula tingkat Kabupaten Katingan di Aula Bappelitbang, Kamis 23 November 2023.

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful membuka pelatihan kewirausahaan pemula tingkat Kabupaten Katingan. Pelatihan yang digelar di Aula Bappelitbang ini sebagai upaya membawa perekonomian masyarakat Katingan untuk bangkit kembali.

Dalam arahannya Saiful menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara kegiatan, pembicara, serta seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tetsebut.

Dirinya menyebut, terselenggaranya acara ini beserta animo yang luar biasa dari para peserta menghembuskan angin harapan baru bagi Katingan sehingga akan muncul tunas-tunas wirausaha yang inovatif dan kompetitif, hingga siap bersaing baik di level lokal, nasional, bahkan global.

“Saya titipkan, baik kepada peserta maupun penyelenggara, agar mampu lebih jeli memahami kebutuhan pasar, sehingga nantinya wirausaha yang dibangun dapat berdiri sebagai solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” kata Saiful pada Kamis 23 November 2023.

Selain itu kata dia, untuk terus menciptakan wirausahawan terobosan baru dalam berbisnis, sehingga bisnis mampu bertahan ditengah gempuran zaman yang serba dinamis ini.

BACA JUGA:   Rumah Warga di Kasongan Disatroni Maling Saat Lagi Sepi

Disisi lain, pandemi memaksa kita untuk lebih akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga pendirian dan pengelolaan wirausaha juga sebisa mungkin harus tetap mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kemampuan beradaptasi untuk menghadapi perubahan yang serba terjadi dalam waktu yang cepat, mutlak menjadi perhatian utama para wirausahawan. Dapat kita lihat, begitu banyak bisnis kolaps karena tidak mampu mengikuti tuntutan perubahan zaman.

“Saya berharap pelatihan kewirausahaan bagi pemula ini dapat menambah pengetahuan serta skill untuk dapat mengembangkan bisnis dan menciptakan inovasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Inovasi merupakan kunci dari setiap strategi pertahanan, yang harus disusun oleh para wirausahawan dalam mempertahankan bisnis,” ujarnya.

Sementara itu dia juga mengingatkan bahwa menjadi seorang wirausawahan tidak hanya membutuhkan modal, namun juga kemampuan dasar berinovasi agar bisnis mampu bertahan disegala tuntutan zaman.

BACA JUGA:   Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

“Manfaatkan kesempatan ini sebagai dasar pengetahuan dalam mendirikan wirausaha, sehingga dengan ilmu yang benar maka jalannya bisnis kedepan akan menjadi lebih pasti. Terapkan ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan ini kedalam kegiatan wirausaha yang saudara bangun, sehingga nantinya bisnis akan berdiri kokoh, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan mampu berkompetisi dikancah daerah, nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada
Penyelenggara kegiatan, untuk mampu menggali serta mengembangkan potensi bisnis dan kompetensi para peserta. Lebih jeli dalam menggali potensi akan mampu mengembangkan baik bisnis maupun kompetensi sumber daya manusia agar lebih kuat dalam menghadapi tantangan inovasi yang masif ini.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini akan muncul wirausaha dan startup baru yang siap bersaing, dan mampu membawa perekonomian masyarakat katingan untuk bangkit kembali sekaligus memperbaiki taraf hidup masyarakat,” pungkasnya.

(Bitro)