Harga Gas Elpiji 3 Kg Mencapai 40 Ribu

GUSTI/BERITA SAMPIT - Gas elpiji 3 kg dan 5,5 kg yang mengalami kenaikan di pedagang eceran.

PANGKALAN BUN – Memasuki bulan Desember 2023 harga gas elpiji 3 kg melonjak tajam. Pada Senin 4 Desember 2023 dari pantauan britasampit.com menemukan elpiji 3 kg dijual dengan harga Rp 40.000 di kawasan bundaran Pramuka Kota Pangkalan Bun

“Harga elpiji 3 kg Rp 40.000, harga ini sudah naik sekitar seminggu, awalnya hanya Rp37.000,” kata Abdul Hamid, salah seorang pedagang sembako di jalan HM. Rafii bundaran Pramuka.

Kenaikan harga juga terjadi pada gas elpiji ukuran 5,5 Kg. “Kalau yang 5,5 Kg sekarang ini naik jadi Rp125.000, sebelumnya cuman Rp110.000,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   Gempa di Tuban Terasa Hingga Kotawaringin Barat

Salah seorang warga Normaulina yang kebetulan membeli gas elpiji 3 kg mengeluhkan dengan kenaikan harga di eceran yang mencekik.

“Tapi mau bagai mana lagi kita butuh gas buat keperluan memasak,” keluhnya

Sementara itu sebelumnya, Plh Juni Gultom meminta agar Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID kobar untuk terus mengawal inflasi.

“Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) saya minta kepada TPID untuk terus mengawal inflasi di kobar 2023 agar berada pada target sasaran nasional,” kata Juni

BACA JUGA:   Kepala KSOP Kelas IV Kumai Hary Suyanto Sebut Belum Ada Lonjakan Penumpang  di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

Dalam rangka menjaga inflasi tetap rendah sesuai dengan sasaran nasional pada tahun depan yaitu 2,5 persen ± 1 persen, maka dirinya meminta berbagai pihak yang terlibat dalam TPID untuk terus memperkuat sinergi dan program kerja bersama dalam menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga. (Gusti/Man)