Delapan Pejabat Utama dan Empat Kapolsek di Polres Gunung Mas Dimutasi

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra saat memimpin upacara Sertijab delapan pejabat utama dan empat Kapolsek jajarannya.

KUALA KURUN – Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan upacara serah terima jabatan (Sertijab) delapan pejabat utama dan empat Kapolsek jajarannya di Lapangan Apel Tantya Sudhirajati Mapolres setempat, pada hari Rabu 6 Desember 2023.

Upacara sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra dengan diikuti oleh pejabat utama, personel Polres Gunung Mas serta ketua cabang Bhayangkari Ny. Indah Asep, dan Wakapolres Kompol Tri Wibowo.

Upacara dimulai dengan laporan dari pejabat terkait dan pembacaan Surat Keputusan Kapolda Kalteng mengenai mutasi jabatan. Kemudian, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji oleh Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra yang didampingi oleh rohaniawan.

Kegiatan tersebut kemudian berlanjut dengan penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Pakta Integritas oleh semua perwira yang menerima jabatan baru.

Kapolres Gunung Mas ABKP Asep Bangbang Saputra dalam amanatnya mengatakan, rotasi jabatan dalam sebuah institusi seperti kepolisian adalah hal yang wajar dan biasa. Tujuannya adalah untuk memberikan penyegaran dalam upaya meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya mengucapakan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat lama yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih pada Polres Gunung Mas, kepada para pejabat yang baru agar segera beradaptasi dan berkinerja maksimal dalam menjalankan tugasnya,”ungkap AKBP Asep Bangbang Saputra.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Lakukan Safari Ramadan Pertama di Kecamatan Mihing Raya

Pejabat yang menjalani Sertijab antara lain adalah AKP Marolop Purba yang mengisi jabatan Kabag SDM Polres Gunung Mas. Jabatan Kasat Binmas yang sebelumnya dijabat oleh AKP Marolop Purba digantikan oleh Iptu Edy Sudarmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasiwas dan Kasiwas dijabat oleh Iptu Joko Sumitro.

Kemudian dua Kasat yang mengalami pergantian yaitu Kasat Reskrim AKP Jhon Digul Manra digantikan oleh AKP Nur Rahim, Kasat Resnarkoba yang sebelumnya dijabat oleh Iptu Aditya Arya Nugroho digantikan oleh Iptu Abi Wahyu Praestyo,

Sementara Empat Kapolsek yang melaksanakan sertijab yakni , Kapolsek Kurun Ipda Arya Tanjung digantikan oleh Ipda Muhammad Fajar Sidiq, Kapolsek Sepang Ipda Neno Effendo, digantikan oleh Iptu Debby Susilo.

Selanjutnya, Kapolsek Tewah Ipda Teguh Triyono digantikan oleh Iptu Ahmad Januar Ganari, dan yang terakhir Kapolsek Kahayan Hulu Utara (Kahut) Ipda Supono digantikan oleh Ipda Muklisin.

“Sertijab ini penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tugas kepolisian dalam melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Semua pejabat yang telah dilantik diharapkan dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas dalam menjaga keamanan serta ketertiban di daerah,”tuturnya.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Sasar Gereja Katolik Kuala Kurun Dalam Program Minggu Kasih

Pria lulusan Akpol Tahun 2003 ini juga meminta kepada seluruh pejabat yang baru untuk mengenali dan mempelajari karakteristik wilayah, serta laksanakan tugas yang telah diamanahkan kepada saudara dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab.

“Saya meminta kepada seluruh pejabat yang baru untuk selalu menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh personel baik antar Bag, Sat, Si, dan Polsek Jajaran. Bangun juga kerjasama dan kemitraan yang baik dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan segala potensi masyarakat,”bebernya.

Selamat kepada para pejabat utama dan kapolsek jajaran yang telah dilantik dan juga melaksanakan serah terima jabatan. Ia berharap mereka dapat segera menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan situasi serta kondisi di lingkungan kerja yang akan dipimpin.

“Apa yang selama ini telah dilakukan dan dicapai oleh pejabat yang lama harus dapat dilanjutkan dan ditingkatkan, ciptakan inovasi kreatif dalam mendukung tugas dan pekerjaan serta laksanakan tugas dan wewenang Polri secara profesional, proposional, obyektif sesuai dengan kode etik profesi dan moralitas yang tinggi,”tutup Kapolres. (Ale)