Tingkatkan Gairah Membaca, Perpustakaan Kalteng Tambah Koleksi Buku

IST/BERITA SAMPIT - Plh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah Arthur Mukkun.

PALANGKA RAYA – Plh. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah Arthur Mukkun menyampaikan, bahwa penambahan koleksi itu wajib karena ilmu pengetahuan terus berkembang dan rasa ingin tahu masyarakat juga terus meningkat.

Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah menambah 1024 bahan pustaka baru selama tahun 2023, sehingga menjadi total 33.072 judul buku. Ini menambah gairah literasi masyarakat hingga meningkatkan jumlah peminjaman menjadi 12.661 kunjungan di tahun 2023, dari tahun sebelumnya sejumlah 9.152.

“Paling banyak dari koleksi baru itu, ada 370 judul ilmu sosial, 197 ilmu terapan dan 103 ilmu filsafat dan psikologi, selain koleksi lainnya dari subjek pajak, sejarah dan pertanian,” Kata Arthur, Selasa 9 Januari 2024.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Kunjung Cair, Presma BEM UPR Angkat Bicara

Arthur menambahkan bahwa di tahun 2024, Perpustakaan Kalteng akan terus menambah jumlah koleksi judul di Perpustakaan Kalteng selain melalui mekanisme pengadaan menggunakan anggaran APBD, ada juga mekanisme kewajiban penerbit, dan hibah dari masyarakat.

“Ini kita harapkan partisipasi masyarakat, baik penerbit maupun personal, untuk terus mendukung Perpustakaan Kalteng meningkatkan jumlah koleksi yang pada gilirannya akan meningkatkan literasi di Kalimantan Tengah,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

Diketahui, Perpustakaan Umum yang terletak di Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya, buka Senin sampai Jumat mulai 08.00 sampai 15.00 WIB, dan Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Perpustakaan pertama milik Provinsi yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng membuka layanan informasi dan pembuatan kartu anggota lewat nomor whatsapp di 0822 5056 9900. (Hardi)