Kepesertaan Masyarakat di BPJS Kesehatan Harus Merata

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Punding S. Merang.

KUALA KURUN – Saat ini, kesehatan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Namun, tidak semua orang mampu memperoleh akses kesehatan yang memadai, terutama bagi masyarakat kurang mampu.

Terkait hal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Punding S. Merang meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kepesertaan masyarakat yang tidak mampu menjadi anggota BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan nasional yang dirancang untuk memberikan perlindungan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mampu membayar iuran bulanan untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan,”ungkap Punding S. Merang, Kamis 18 Januari 2024.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Rembuk Stunting 2024

Disebutkannya, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah adalah dengan memberikan informasi dan edukasi yang lebih intensif mengenai manfaat dan pentingnya menjadi anggota BPJS Kesehatan.

“Pemerintah daerah harus melakukan sosialisasi secara langsung ke masyarakat yang belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau,”tuturnya.

Selain itu kata dia, perlu adanya kebijakan dan program dari pemerintah untuk mempermudah akses dan mengurangi beban iuran bagi masyarakat kurang mampu agar mereka dapat bergabung sebagai anggota BPJS Kesehatan.

“Hal ini akan dapat dilakukan dengan meninjau kembali tarif iuran yang diterapkan, memberikan subsidi bagi masyarakat kurang mampu, serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan,”beber Punding S Merang.

BACA JUGA:   Keharmonisan Dalam Keberagaman Menjadi Faktor Penting Untuk Menjaga Persatuan Bangsa

Politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebutkan, untuk meningkatkan kepesertaan masyarakat di BPJS Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk memperluas akses kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kami berharap pemerintah bersama-sama dengan seluruh stakeholder terkait dapat bekerja sama untuk menjadikan program BPJS Kesehatan menjadi lebih merata dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas,”tutupnya. (Ale).