Kalteng Siap Menjadi Tuan Rumah MTQ KORPRI ke-VII Nasional Tahun 2024

IST/BERITA SAMPIT - Pemerintah Provinsi Kalteng saat melaksanakan, rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan MTQ VII KORPRI Tingkat Nasional tahun 2024.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah yang juga Ketua Korpri Kalteng, H. Nuryakin mengatakan, pihak
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, siap menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia  (KORPRI) VII tingkat Nasional tahun 2024.

“Tentunya kita Provinsi Kalimantan Tengah siap melaksanakan MTQ KORPRI ke VII (7) tingkat tahun 2024, selain itu juga pihaknya sudah menyiapkan 11 venue untuk pelaksanaan MTQ tersebut, yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2024,” ucapnya pada rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan MTQ VII KORPRI Tingkat Nasional tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng Kamis 25 Januari 2024.

Adapun terkait, rencana kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 12 Juli 2024, yang juga bertepatan dengan ulang tahun Gubernur Kalteng.

BACA JUGA:   Kadis Ketahanan Pangan Kalteng: Program Pangan Murah untuk Menjaga Stabilitas Stok dan Harga Menjelang Hari Raya Keagamaan

“Adapun untuk katagori lomba nantinya, ada sebanyak 9 cabang dengan 30 golongan, yang terdiri dari 16 pria dan 14 wanita setiap kontingennya, dari kesepakatan kita, ada 9 cabang dengan 30 Golongan. Dan estimasi peserta sebanyak 3.390 orang yang akan mengikuti, terdiri dari KORPRI Provinsi dan Kementerian/Lembaga. Data ini diperoleh dari MTQ ke VI yang lalu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPN KORPRI, Zudan Arif mengungkapkan, apresiasi atas kesiapan Kalteng dalam melaksanakan MTQ KORPRI tingkat nasional.

“Ini kesiapan yamg luar biasa dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kalimantan Tengah atas kesiapannya,” lanjutnya.

Selain itu, kegiatan MTQ KORPRI di Kalimantan Tengah nanti diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi antar ASN, dan juga dapat membangkitkan perekonomian melalui UMKM.

“Kegiatan MTQ ini suasana silaturahmi nya kita perkuat. UMKM dikumpulkan, kalau ada daerah lain progmosi agar diperhatikan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

Adapun 9 cabang lomba yang akan dilaksanakan pada MTQ KORPRI ke VII tingkat Nasional di Kalteng, yakni Cabang Tilawah Al Qur’an, Cabang Tartil Al Qur’an, Cabang Hifdz, yang teridiri dari Hifdz Al Qur’an Golongan Juz 30 (Juz Amma), Hifdz Al Qur’an Golongan Surah Al Baqarah, Hifdz Al Qur’an Golongan Surah Ali Imran, Hifdz Al Qur’an Golongan Surah An Nisa, Hifdz Al Qur’an Golongan 7 Surah Pilihan.

Selanjutnya, cabang Da’wah Al Qur’an, Cabang Khath Al Qur’an, terdiri dari Golongan Dekorasi, Golongan Lukis Kontemporer, Golongan Digital Klasik, Golongan Digital Kontemporer.

Kemudian, Cabang Lomba Adzan, Cabang Lomba Khutbah Jum’at, Cabang Lomba Do’a dan Cabang Makalah Ilmiah Al Qur’an. (yud)