Warga Desa Terantang Diberikan Pemahaman tentang Pemanfaatan Program JKN

ANTUSIAS : IST/BERITASAMPIT  - Warga masyarakat Desa Terantang Hilir nampak antusias saat menerima sosialisasi terkait dengan program Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan Cabang Sampit.

SAMPIT – Ratusan orang warga dari Desa Terantang Hilir, Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengikuti Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan cabang Sampit bertempat di Kantor Desa setempat.

Kegiatan yang dibarengi dengan pamantauan kesehatan bagi peserta yang tergabung dalam Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) Puskesmas Mentaya Seberang tersebut mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat, semua masyarakat yang hadir sangat antusias untuk mendengarkan paparan dari BPJS Kesehatan terkait apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai peserta program JKN.

Kepala Desa Terantang Nanang Qosyim menyampaikan, bahwa sosialisasi terkait dengan program JKN tentunya sangat perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Terantang Hilir terkait dengan bagaimana prosedur dan juga tata cara penggunaan layanannya sehingga pada saat masyarakat menggunakan program JKN untuk berobat di fasilitas kesehatan sudah mengetahui dan memahani bagaimana tata caranya dan apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai peserta Program JKN.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Perintahkan Perbaikan Jalan Rusak saat Safari Ramadan di Kecamatan Baamang

Nanang juga menambahkan bahwa selain untuk mengetahui terkait dengan hak dan kewajiban, tentunya dengan adanya sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui apa yang menjadi inovasi dan kemudahan yang diberikan kepada peserta program JKN.

“Tentunya ini sangat bermanfaat bagi warga desa kami, dan saat ini juga telah banyak kemudahan yang diberikan, seperti berobat hanya cukup dengan NIK atau KIS digital tentunya ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat apalagi masyarakat yang sudah Lansia, kami juga mengucapkan terima kasih tentunya kepada Puskesmas Mentaya Seberang dan juga BPJS Kesehatan yang telah berkolaborasi untuk melaksanakan pemeriksaan Prolanis dan juga sosialisasi Program JKN di Desa kami,” ungkap Nanang Qasyim.

Terpisah Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Iwan kurnia juga menyampaikan, bahwa tugas BPJS Kesehatan salah satunya adalah melakukan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat memahami dan mengerti kemudahan-kemudahan yang diberikan, karena saat ini BPJS Kesehatan telah banyak menciptakan inovasi pelayanan yang tentunya wajib diketahui oleh peserta program JKN, sehingga para peserta apabila sudah mengetahui kemudahan dan inovasi tersebut tentunya diharapkan tidak akan menemukan kendala pada saat mengakses layanan administrasi program JKN dan layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan.

BACA JUGA:   Truk vs Truk Apa Jadinya, Begini Kondisi Sopirnya

“Untuk inovasi layanan administrasi kita ada layananan menggunakan aplikasi Mobile JKN, Layanan Pandawa di Nomor 081-181-651-65 dan untuk inovasi di fasilitas kesehatan kita ada layanan rujukan online, antrean online, dan saat ini juga di fasilitas kesehatan baik itu Puskesmas atau rumah sakit yang bermitra sudah diterapkan janji layanan kesehatan yang semakin memudahkan peserta program JKN untuk mendapatkan layanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara,” beber Iwan Kurnia. (im/adv)