Gerdayak Indonesia Kalteng, kerahkan 8.000 anggota dalam pengaman pemilu

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerdayak Indonesia Kalimantan Tengah, Yansen Binti.

PALANGKA RAYA – Upaya dalam mendukung jalanya pesta demokrasi yang akan datang,  Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerdayak Indonesia Kalimantan Tengah, Yansen Binti menyatakan kesiapannya untuk siap menurunkan pengurus inti  sebanyak 8.000 anggota untuk ditempatkan di sejumlah titik membantu tugas TNI, Polri, dan lainnya menjaga kamtibmas.

“Kami akan turunkan sekitar 8.000 anggota Ormas Gerdayak untuk bahu-membahu menjaga keamanan bersama aparat. Karena menjaga kedamaian saat pemilu adalah tanggung jawab kita bersama,”ucapnya, Senin 12 Februari 2024.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah di Barito Timur

Selain itu juga, kepada para anggota nanti agar tidak mudah terpancing dan terbawa arus isu-isu politik identitas yang kerap mencuat menjelang pemilu. Ia menegaskan, Gerdayak harus netral dan menjaga solidaritas seluruh elemen masyarakat Tanah Dayak.

“Saya mengimbau agar anggota tidak mudah termakan isu-isu politik yang beredar. Jangan hiraukan hal yang bisa memecah belah persatuan kita. Tetap jaga solidaritas lintas etnis dan agama demi kerukunan Kalbar,” tambahnya.

BACA JUGA:   Perkumpulan Pengajian Keluarga Muslim Barito Selatan Pererat Silahturahmi dengan Buka Puasa Bersama

Tidak hanya itu, dalam hal ini mengajak seluruh komponen masyarakat Kalteng, tidak terkecuali para elite politik, untuk bersama menjaga situasi menjelang dan saat pemungutan suara nanti agar berlangsung damai. Menurutnya, kedamaian jauh lebih berharga dari sekedar menang pemilu.

“Saya ajak seluruh masyarakat, tokoh adat, agama, politik, dan lainnya untuk bersama-sama menjaga kerukunan. Ini demi masa depan anak cucu kita di Tanah Dayak. Hindari segala bentuk gesekan dan konflik horizontal,”ungkapnya. (yud)