Hadiri Pembukaan MTQ ke-55 Kecamatan MB Ketapang, Bupati Kotim Jelaskan Hal Ini?

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Bupati Halikinnor saat membuka resmi MTQ tingkat Kecamatan MB Ketapang tahun 2024.

SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor hadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-55 tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang tahun 2024 di Kelurahan Ketapang pada Jumat 1 Maret 2024 malam.

Halikinnor menyampaikan MTQ merupakan kesempatan berkumpul dengan para alim ulama, para penghafal al-qur’an, para pembaca al-qur’an, dan para peserta musabaqah tilawatil qur’an serta kaum muslimin dan muslimat di Kelurahan Ketapang.

“Kita berada di sini, untuk menghadiri pembukaan MTQ ke 55 tingkat Kecamatan MB Ketapang tahun 2024, ini secara rutin kita selenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam al- qur’an,” ujar Halikinnor, Jumat 1 Maret 2024 malam.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

Dijelaskan kitab suci Al-qur’an adalah Kalam Allah atau kalamullah. ini adalah kitab suci, yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

“Dengan susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang, serta gaya bahasa yang mengagumkan, kitab suci al-qur’an merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering,” bebernya.

Selain berisi nilai-nilai keimanan, al-qur’an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia. al-qur’an juga berisi kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan dan keteladanan, serta pesan-pesan moral yang luhur dan agung.

BACA JUGA:   Asik Nongkrong di Warung, Sejumlah Remaja di Sampit Diserang Puluhan Orang Bersenjata Tajam

“Al-qur’an memberikan pencerahan bagi siapa yang membacanya, serta menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkannya, semakin kita dalami Al-qur’an, semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah SWT semakin kita baca dengan lantunan yang indah, semakin terasa kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan isinya,”lanjutnya.

Selanjutnya Halikinnor mengucapkan kepada para kafilah yang akan bertanding, selamat mengikuti MTQ ke 55 tingkat Kecamatan MB Ketapang di Masjid Asasuttaqwa Kelurahan Ketapang.

“Semoga keikutsertaan saudara-saudari dalam MTQ kali ini dapat membawa manfaat dan maslahat, dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai di bumi habaring hurung,” pungkasnya. (Ibra)