PAN Kalteng Pastikan Satu Kursi DPR RI

IST/BERITA SAMPIT- Sekretaris DPW PAN Kalteng, Arif Norkim.

PALANGKA RAYA –  Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Tengah (Kalteng) Arif Norkim memastikan partainya meraih satu kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk periode 2024-2029.

“Satu kursi tersebut nantinya akan diisi oleh caleg DPR RI dari PAN yakni Muhammad Syauqie,” kata Arif.

Arif menjelaskan, kepastian itu lantaran secara keseluruhan suara PAN dari hasil Pleno di tingkat Kabupaten/Kota berhasil mengantongi 148.111 suara, dan secara ranking PAN terbanyak ke lima.

“Secara rangking, suara DPR RI terbanyak ditempati oleh Muhammad Syauqie dengan perolehan 106.516 suara dari 6 caleg yang kemungkinan besar mengisi kursi DPR RI dapil Kalteng,” ujarnya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2023

Sementara di DPRD Provinsi Kalteng PAN memperoleh 4 kursi dari dapil Kalteng I, II, IV dan V. Dimana hal ini ada peningkatan dibanding sebelumnya memperoleh dua kursi.

Bukan hanya itu, di DPRD kabupaten/kota di Kalteng, partai PAN mampu meraih total 27 kursi. Menurut Arif, perolehan kursi itu secara keseluruhan sudah mengalami peningkatan suara partai maupun suara caleg.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Namun ada beberapa kursi di DPRD Kabupaten yang masih kosong. Saya merasa ini sudah maksimal diperjuangkan rekan-rekan seperjuangan di PAN,” kata dia.

Arif menegaskan, pihaknya bakal mengawal hasil pleno suara tersebut sampai ditingkat akhir hingga penetapan. Hasil pemilu 2024 ini akan disampaikan ke DPP pan pusat untuk menjadi bahan laporan dan evaluasi.

“Kalau evaluasi akan tetap ada. Tapi nanti akan dikoordinasikan dengan DPP pusat. Apapun hasilnya nanti akan dijadikan upaya untuk memperkuat di pemilu selanjutnya,” tandasnya. (Syauqi)