Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Herson B. Aden: Pedoman untuk Hidup Bermasyarakat

SYA'BAN/BERITA SAMPIT - Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Herson B. Aden saat memberikan sambutan wawasan kebangsaan.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor. 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Tertuang dalam peraturan tersebut, untuk mendukung pelaksanaan tugas dan wewenang pemerintah daerah dalam pengembangan pemantapan wawasan kebangsaan, perlu diselenggarakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK).

Plh. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Provinsi Kalteng) Herson B. Aden, pada Rabu 6 Maret 2024, menyampaikan PWK ini bertujuan menggugah kesadaran seluruh elemen bangsa.

“Antara lain dunia pendidikan, dunia pers, dunia usaha, para penyelenggara Negara, dan elemen masyarakat lainnya, untuk bersama-sama memantapkan cara pandang Bangsa Indonesia agar berwawasan dan berkarakter kebangsaan,” kata Herson B. Aden.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Herson B. Aden menjelaskan pemantapan wawasan kebangsaan merupakan pedoman yang mengarahkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju masa depan yang dicita-citakan bersama bangsa Indonesia.

“Melalui pemantapan wawasan kebangsaan, kita dapat menjaga persatuan dan keutuhan bangsa, di tengah berbagai ancaman yang dapat menganggu kedaulatan NKRI,” jelas Herson B. Aden.

Herson B. Aden mengungkapkan bahwa pendidikan wawasan kebangsaan penting terintegrasi dengan pendidikan karakter kebangsaan, persoalan wawasan kebangsaan Indonesia tidak dapat selesai apabila tidak dimulai dari pembentukan karakter kebangsaan yang benar dan baik.

BACA JUGA:   Diisukan Maju di Pilwakot Palangka Raya, Ini Tanggapan Ivo Sugianto Sabran

“Kita menginginkan bangsa Indonesia yang dapat memahami diri dan lingkungannya yang dilandaskan pada Nilai-Nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pemahaman ini harus menjadi karakter bangsa Indonesia,” harap Herson B. Aden.

Lebih lanjut, Herson B. Aden menyampaikan pemantapan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa pada gilirannya dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pemantapan itu dapat dilakukan melalui pendidikan, pembudayaan, pemberdayaan, kerja sama dan keteladanan, serta kegiatan sosialisasi seperti kali ini,” ungkap Herson B. Aden. (Sya’ban)