Tetap Sehat dan Produktif di hari Tua dengan program JKN

IST/BERITASAMPIT - Sudiwan, salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional yang masuk dalam segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

SAMPIT – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi masyarakat memberikan warna tersendiri bagi Sudiwan (56) Warga Kota Sampit.

Ditemui usai melakukan pengobatan pembengkakan pada kakinya di Puskesmas Baamang II, ia mengungkapkan bahwa program JKN merupakan program yang sangat bermanfaat bagi dirinya dan anggota keluarganya.

Sudiwan adalah peserta Program JKN yang terdaftar sebagai Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) di salah satu perusahaan yang ada di Kota Sampit, ia terdaftar bersama dengan istri dan tiga anaknya.

Menurutnya saat ini tidak ada program asuransi kesehatan seperti program JKN yang dapat menjamin seluruh mengobatan sesuai dengan prosedur dan indikasi medis, apalagi di usianya yang sudah tidak muda lagi yang akan mendekati usia pensiun pada bulan Juni mendatang, tentu dirinya harus tetap sehat dan produktif untuk mengisi hari tuanya nanti apabila sudah tidak bekerja lagi.

BACA JUGA:   Polisi Buru Kakek Pelaku Pencabul Bocah Enam Tahun di Sampit

“Saya sudah menjalani pengobatan untuk yang ketiga kalinya pengobatan kaki saya yang bengkak ini, dan alhamdulilah sekarang sudah sembuh, sudah tidak bengkak lagi. Program JKN saat ini sudah sangat berbeda dengan yang dulu, contahnya saja yang saya alami sendiri harus menjalani pengobatan selama 3 kali, belum juga kontrolnya semua cukup bisa dilayani di Puskesmas saja, dan pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis juga sangat ramah dan sigap untuk mengobati saya, apalagi saat itu pada saat saya berobat saya menggunakan antrean online melalui aplikasi Mobile JKN, sehingga saya bisa mengambil nomor antrean dari rumah dan tidak perlu untuk berlama-lama berada di Puskesmas,” ungkap Sudiwan, Minggu 17 Maret 2024.

Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya program JKN sangat mendorong ia untuk lebih produktif dalam bekerja, karena ia tidak perlu lagi memikirkan biaya pengoabatan dirinya dan anggota keluarganya ketika sakit karena sudah dijamin oleh program JKN, sehingga ia bisa fokus menabung untuk modal usaha ketika ia sudah tidak bekerja lagi.

BACA JUGA:   Laporan PT SCC di Polres Kotim kepada Ketua Koperasi Dianggap Cacat Hukum

“Dengan pikiran yang tenang dan tetap menerapkan pola hidup sehat tersebut tentunya kita yang sudah berusia lanjut ini bisa tetap sehat untuk dapat mengisi hari-hari tua bersama keluarga di rumah,” kata dia.

Menurutnya kepesertaan sebagai peserta program JKN yang ia punya saat ini juga akan ia lanjutkan untuk dialihkan segmen kepesertaannya dari yang ditanggung oleh perusahaan, untuk menjadi tanggungan pribadi sesuai dengan kemampuannya nanti.

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memberikan perlindungan kesehatan yang berkelanjutan dan menyeluruh bagi anggota keluarganya, karena menurutnya kesehatan adalah aset yang sangat berharga yang harus selalu dijaga dengan tetap menjadi peserta Program JKN. (im).