Harga Daging Ayam di Sampit Masih Normal, Rp40 Ribu Per Kilogram

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Ayam potong di Pasar Al-Kamal Sampit.

SAMPIT- Harga daging ayam potong di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di awal Bulan Ramadan Tahun 2024 ini sedikit mengalami kenaikan, harga 1 kg daging ayam kini telah menembus Rp 40 ribu.

Harga ini terpantau di Pasar Al-Kamal Sampit. Salah satu pedagang, Rudi menyebut kenaikan sudah terjadi sejak awal masuk bulan Ramadan atau sepekan terakhir ini.

“Iya, sudah naik dari awal bulan puasa, saat ini jadi Rp 40 ribu,” tutur Rudi, Senin 18 Maret 2024.

BACA JUGA:   Camat Baamang Sambut Baik Perbaikan Jalan Perum Bukit Permai

Rudi mengatakan kenaikan ini tergolong cukup standar karena harga sebelumnya kisaran Rp 35 ribu per kilogram. Menurutnya kenaikan terjadi karena tingginya permintaan daging saat bulan puasa Ramadan ini.

“Sebenarnya ini termasuk normal karena kan mau puasa ya, jadi permintaan lagi tinggi jadinya stok menipis,” bebernya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kotim, Zulhaidir Dia menyebut jika tingginya permintaan daging jelang puasa menjadi salah satu penyebab kenaikan harga di pasaran.

BACA JUGA:   Empat Pasang Petarung di Pilkada Kotim, Bahkan Petahana Diprediksi Terpecah

“Permintaan jelang puasa membuat harga pangan memang merangkak naik,” jelas Zulhaidir.

Siklus ini juga jadi penyebab kenaikan komoditas lain seperti telur ayam, beras, cabai, tomat dan bawang. Meski ada kenaikan harga, Disperdagin Kotim memastikan stok pangan masih aman. Setidaknya bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Kotim selama bulan puasa nanti.

“Tapi kami pastikan untuk ketersediaan dan pasokan di Kotim tetap aman, apalagi kita tetap mengadakan kegiatan pasar penyeimbang,” pungkasnya. (Ibra)