Sebagian Formasi PPPK Kotim Kosong dan Tidak Ada Peminat

NARDI/BERITA SAMPIT- Penyerahan SK PPPK pada Kamis 28 Maret 2024.

SAMPIT – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kamaruddin Makkalepu menyampaikan seharusnya ada 1089 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat sesuai dengan kuota.

“Jumlah kuota yang disediakan sebanyak 1089 formasi, terdiri dari 498 guru, 532 nakes, dan 59 tenaga teknis atau fungsional,” kata Kamaruddin saat penyerahan SK PPPK oleh Bupati Kotim, Kamis 28 Maret 2024.

Sementara jumlah yang diangkat yaitu sebanyak 838 orang, terdiri dari Fungsional Guru sebanyak 446 orang, Tenaga Kesehatan 339 orang dan Tenaga Teknis 53 orang.

BACA JUGA:   Sopir Kabur Usai Jual CPO, Truk Ditinggal di Pinggir Jalan

Ia menyebutkan sebagian tidak terisi karena tidak ada peminatnya, seperti penempatan di pelosok, guru Bahasa Indonesia tidak terpenuhi kuotanya, untuk nakes seperti dokter spesialis tidak ada yang mendaftar.

“Sebagian ada yang dinyatakan lulus, namun penempatan di pelosok sehingga tidak berkenan dan mengundurkan diri,” ungkapnya.

Sementara itu diketahui jumlah peserta yang mengikuti tes CAT seleksi PPPK pada November tahun 2023 lalu sebanyak 1271 orang, terdiri dari 581 formasi guru, 511 formasi tenaga kesehatan (nakes), dan 179 formasi tenaga teknis atau fungsional.

BACA JUGA:   Truk vs Truk Apa Jadinya, Begini Kondisi Sopirnya

Untuk mengantisipasi PPPK yang berkeinginan pindah tugas dan sebagainya mereka sudah mengikuti pembekalan tentang hak dan kewajiban dalam perjanjian kerja.

“Sehingga diharapkan bisa dilaksanakan dengan baik dan disiplin dalam bekerja mengabdi pada masyarakat dan negara,” pungkasnya. (Nardi)