Pidato Gubenur di Rapat Paripurna, Honor Pemprov Bakal Dihapus

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran (Foto: Tribunkalteng.com)

PALANGKA RAYA-Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengungkapkan, seluruh honor di lingkungan pemerintah provinsi atau Pemprov bakal dihapus.

Hal tersebut disampaikan gubenur dalam pidato jawaban atas pemandangan umum fraksi pendukung DPRD Provinai Kalimantan Tengah dalam rapat paripurna, Jumat (22/11/2019).

Rencana penghapusan honorarium itu sendiri menjawab pemandangan umum dari Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan melalui juru bicaranya Yulilis.

“Provinsi Kalimantan Tengah menerapkan tunjangan kinerja adalah karena masih menunggu aturan dari pemerintah pusat terkait keseragaman tunjangan kinerja, dan apabila sudah diberlakukan maka semua honor akan dihapus,” jelasnya.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Menanggapi pertanyaan terhadap usulan TPP yang tidak diprioritaskan ASN menengah ke bawah, dikarenakan anggaran yang belum tersedia.

“Sedangkan kenaikan Tukin Eselon II didasari karena TPP Eselon II di Kabupaten dan Kota lebih tinggi dari provinsi,” jawabnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dari Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Yulilis mempertanyaakan alasan pemerintah provinsi belum menerapkan tunjangan kinerja atau Tukin.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Pertanyaan tersebut disampaikan dalam pemandangan umum fraksi-fraksi pendukung dewan pada rapat paripurna, pada Jumat (23/11/2019) lalu.

Sementara kebijakan tunjangan perbaikan penghasilan atau TPP yang ada besarannya sudah mendekati Tukin terlebih masih banyaknya honor-honor.

“Mengapa usulan TPP yang ada tidak diprioritaskan ke ASN memengah kebawah?” tanya Lilis dalam pemandangan umum fraksi.

(gra/beritasampit.co.id)