Desa Haringen Gelar Musrembangdes

IST/BERITA SAMPIT - Musrembangdes dari sebelah kanan di pimpin Kepala desa Haringen Yasen, Sekcam Dusun Timur Gazali Rachman, ketua BPD Haringen. Ipuyani dan UPTD Puskesmas kecamatan Dusun Timur Marlina Susana

TAMIYANG LAYANG – Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa terus digentot pemerintah desa, seperti Desa Haringen yang berada di kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.

Menurut Kades Haringen Yansen pihaknya telah menyusun bidang-bidang apa saja yang akan diprioritiskan dalam pensejahteraan warga desa, misalnya Penyelenggaraan desa, Pembangunan desa, Pembinaan kemasyarakatan, Pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana.

Program-program tersebut dibahas di Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes), foroum ini merupakan musyawarah inti yang akan menentukan berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas bagi Pemerintah Desa untuk dapat dilaksanakan serta mendapatkan pendanaan.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

Pada kesempatan ini masyarakat diajak bersama-sama menentukan prioritas kegiatan pembangunan dalam satu tahun anggaran mendasar hasil musdus yang sudah di rangkum menjadi prioritas usulan dalam musdes, hasil akhir musyawarah ini adalah tersusunnya Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).

“Dalam pembahasan tersebut merupakan lanjutan hasil Musyawarah desa dari tim 11 yg terdiri dari Kades Haringen, Sekdes, Kasie Pemberdayaan, plt Ksie pemerintah dan pembangunan, plt Kaur Perencanaan keuangan dan aset, Kaur Umum, ketua BPD, kepala Dusun, tokoh Adat dan agama, ketua RT,” paparnya. Kamis 24 september 2020

Musrembangdes sebagai dasar rencana pembangunan desa dan mengevaluasi setiap usulan kegiatan agar sesuai dengan Permendes PDTT 17 tahun 2019, untuk pembangunan dilaksanakan secara Padat karya tunai desa (PKTD).

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

“Tentunya pembangunan PKTD dilakukan oleh masyarakat desa sendiri, jika tidak mampu maka kita akan koordinasikan ke Unit pelaksana teknis Dinas di kabupaten”, imbuhnya

Untuk diketahui acara Muserembangdes ini dilaksanakan di balai desa haringen jl lintas desa, dipimpin Kades dan seluruh staf nya turut hadir sekcam Dustin dan Kepala UPTD puskesmas, Bhabinsa dan Bhabinkamtimas, beserta tamu undangan, dengan tetap menjalankan Protokol kesehatan covid19.

(udek/Beritasampit)