Bersihkan Pungli, Sipropam Awasi Pelayanan SIM Satlantas Polres Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Sipropam sedang mengawasi Anggota Satlantas Bagian Pelayanan Sim di Polres Kobar.

PANGKALAN BUN – Guna mewujudkan pelayanan kepolisian yang maksimal, personel Sipropam rutin mengawas setiap ruang pelayanan publik seperti di ruang pelayanan SIM Satlantas Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis 8 Juli 2021.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Kasipropam IPTU Isbenu Raharja mengatakan, tujuan pelaksanaan pengawasan di ruang pelayanan SIM hari ini yaitu, agar Satlantas Polres Kobar bersih dari praktek pungutan liar (pungli).

“Dan mencegah perilaku petugas pelayanan yang menyimpang seperti melakukan praktek pungutan liar dalam pengurusan administrasi SIM maupun mencegah perilaku arogan petugas dalam memberikan pelayanannya,” tegas Isbenu Raharja.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Menurut Isbenu, dari hasil pengawasan hari ini, tidak menemukan pelanggaran sesuai sasaran pengawasan. Biaya yang dibebankan kepada masyarakat sudah sesuai tabel PNBP untuk setiap golongan SIM serta perilaku petugas pelayanan pun melayani masyarakat dengan tutur kata yang santun.

Dijelaskan Isbenu, Satuan Lalu Lintas merupakan salah satu Satuan Kerja di Kepolisian yang bertugas menyelenggarakan dan membina fungsi lalu lintas kepolisian yang meliputi Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali).

“Pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas (Dikyasa), registrasi dan identifikasi pengemudi/kendaraan bermotor (Regident), penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum di bidang lalu lintas guna memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” jelas Isbenu.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Saat ini aktifitas masyarakat yang menggunakan kendaraan semakin meningkat, maka hal ini menuntut kesiapsiagaan personel Satuan Lalu Lintas dalam melayani masyarakat yang memerlukan pelayanan administrasi serta bantuan atau pertolongan kepolisian.

“Semua tugas yang dilakukan jajaran Satlantas Polres Kobar, tentunya yang paling utama memberikan pelayanan yang prima, ramah dan bersahaja, sehingga dari sudut pandang tersebut martabat kinerja Polri akan semakin disegani dan dihormati pula oleh masyarakat,” pungkas Isbenu Raharja. (Man/beritasampit.co.id).