Rakerda di Atas Kapal, AMPI Kotim Susun Program Kerja

RAKERDA: IBRAHIM JM/BERITASAMPIT - Foto bersama DPD AMPI Kotim setelah melakukan rakerda diatas kapal pariwisata di sungai mentaya sampit. Sabtu 11 Desember 2021.

SAMPIT – Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kotawaringin Timur menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) membahas program kegiatan masa bhakti 2021-2026. Sabtu, 11 Desember 202.

Rakerda yang diselenggarakan di atas kapal pariwisata susur sungai Mentawa Sampit dengan mengusung tema “Bergerak Pasti Untuk Indonesia Maju”.

Ketua DPD AMPI Kotim Reza Fahlepi menjelaskan, bergerak pasti untuk indonesia maju dimaknai sebagai suatu gerakan yang betul-betul menjalankan visi, misi, dan program kegiatan setiap bidang yang telah ditentukan.

“Bergerak pasti artinya betul-betul menjalankan visi, misi, dan program-program yang direncanakna oleh setiap oleh bidang. Berdasarkan visi dan misi yang saya sampaikan pada sambutan tadi nantinya akan dijabarkan oleh wakil ketua bidang masing-masing dalam bentuk kegiatan yang diusulkan dalam program kerja saat Rakerda” jelas Reza Fahlepi Ketua DPD AMPI Kotim masa bhakti 2021-2026

Ketua Panitia Andri Riyadi mengungkapkan Rakerda menjadi dasar organisasi dalam menjalankan program-program untuk lima tahun kedepan.

“Berdasarkan hasil Munas AMPI 2016 di palembang, rakerda ini dipandang perlu untuk melaksanakan program DPD AMPI Kabupaten Kotim yang akan menjalankan program kerja lima tahun kedepan dan itu menjadi dasar untuk menjalankan roda organisasi,” ungkap Andri.

BACA JUGA:   Puluhan Sepeda Motor Dijaring Polisi sejak awal Ramadan

Rakerda yang pimpin Sugeng Haryono itu berjalan dengan penuh keakraban dan optimisme yang tinggi dari semua anggota AMPI untuk menatap program-program kegiatan yang akan dijalankan lima tahun kedepan.

Kegiatan itu diikuti 5 bidang keorganisasian AMPI Kotim, yang terdiri dari, Bidang Organisasi dan sosial kemasyarakatan, Bidang Budaya dan Pariwisata, Bidang UMKM dan ekonomi kreatif, Bidang Olahraga, dan Bidang Media dan Komunikasi.

Andi Riyadi selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sosial Kemasyarakatan mengusulkan dan menjelaskan program kerjanya diantaranya, Penyusunan oraganisasi AMPI di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa, mengikuti agenda DPD AMPI baik nasional, regional, dan lokal, koordinasi dengan SKPD, Pemerintah Daerah dan DPRD terkait program, pelatihan kepemimpinan pemuda se-kabupaten Kotim.

“Kalau di bidang kita ada 10 program kerja yang diusulkan semuanya penting terutama koordinasi dengan SKPD, Pemerintah Daerah, dan DPRD terkait program yang akan dilaksanakan,” kata Andri sekaligus dosen disalah satu Perguruan Tinggi di Sampit.

BACA JUGA:   Mahalnya Tarif Parkir di Pelabuhan Sei Ijum Dikeluhkan Warga

Muhamad Kasim Wakil Ketua Bidang Seni Budaya dan Pariwisata AMPI Kotim mengusulkan 3 poin program kerja diantaranya, festival seni tari (kerungut), diskusi budaya, dan pariwisata publik.

“Kami mengusulkan 3 program kerja diantarnya festival seni tari bagi pelajar dan umum untuk menanamkan rasa cinta generasi terhadap budayanya, kemudian diskusi budaya artinya nanti akan dilaksanakan dialog antara pelajar, mahasiswa, dan budayawan untuk mendalami dan melestarikan budaya di Kotim,” jelasnya

Setelah masing-masing bidang mengusulkan programnya, selanjutnya akan timbang dan dianalisa oleh Ketua untuk disesuaikan dengan visi misi dan kemampuan organisasi.

Setelah itu, Ketua DPD AMPI Kotim Reza kembali menjelaskan setelah menganalisa dan menentukan usulan program kerja dari masing-masing bidang. Untuk implementasi program akan disesuaikan dengan anggaran yang diajukan.

“Untuk pelakasanaan program nanti akan kita seauaikan dengan anggaran yang akan diajukan, seberapa besar anggaran?, manfaat dan tujuan yang dihasilakan seperti apa?, sasaran kegiatanya siapa?. Untuk perioritas kegiatan nanti akan dikaji kembali bersama wakil ketua bidang masing-masing,” tutup Reza.

(Aib/beritasampit.com)