PDAM Tirta Barito Segera Operasikan Sistem WTP Kapasitas 50 Ribu Per Detik

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kabid Tehnik PDAM Tirta Barito, H. Muhiddin.

BUNTOK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito Kabupaten Barito Selatan (Barsel) pada tahun 2022 ini, akan segera mengoperasikan sistem Waterv Treatment Plant (WTP) dengan kapasitas 50 ribu per detik bagi pelanggan PDAM di daerah ini.

Direktur PDAM Tirta Barito Rona C Laki, ST melalui Kepala Bidang (Kabid) Tehnik H. Muhiddin kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 11 Januari 2022 mengatakan, WTP merupakan sebuah sistem yang difungsikan untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) yang kurang bagus.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Sehingga akan menghasilkan kualitas air pengolahan (effluent) standar yang diinginkan atau ditentukan,” ucapnya.

Menurut Muhiddin, untuk kapasitas WTP sendiri yakni sebanyak 50 ribu liter per detik sehingga dengan jumlah tersebut akan dapat memenuhi empat ribu hingga lima ribu pelanggan PDAM Tirta Barito.

Program tersebut sudah dilaksanakan akan tetapi masih dalam tahap proses. Hal tersebut dikarenakan untuk pengoperasiannya masih belum diserahkan sepenuhnya ke PDAM Tirta Barito.

“Apabila sudah diserahkan, maka pengoperasiannya akan kita operasikan secara maksimal untuk memenuhi pendistribusian air bersih bagi pelanggan,” katanya.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Lebih lanjut ditambahkannya, bahwa kedepannya PDAM Tirta Barito juga akan membuka pemasangan baru bagi masyarakat yang belum memiliki saluran pipa air bersih khususnya di Kota Buntok.

Sebab dengan kapasitas 50 ribu per detik ini, pihaknya dapat menggunakan pompa air tidak sampai enam jam untuk bisa menyalurkan air bersih ke setiap rumah-rumah pelanggan PDAM Tirta Barito. (Ded/beritasampit.co.id).