Capaian Vaksinasi COVID-19 Dosis Pertama di Kalteng Hampir Seratus Persen

Pelayanan vaksinasi COVID-19 oleh Dinkes Kalteng di Kalteng Expo 2022, Rabu, (13/7/2022). (ANTARA/HO-Dinkes Kalteng)

PALANGKA RAYA – Capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di Provinsi Kalimantan Tengah hampir mencapai seratus persen, yakni 99,90 persen.

“Tepatnya jumlah warga yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama yakni 2.034.047 orang,” kata Perwakilan Tim Publikasi Satgas COVID-19 Kalteng Agus Siswadi di Palangka Raya, Sabtu 16 Juli 2022.

Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan meski capaian vaksinasi untuk dosis pertama dan kedua sudah sangat baik. Tim satgas provinsi maupun kabupaten dan kota, terus bersinergi bersama instansi terkait lainnya.

Adapun capaian target vaksinasi dosis kedua yakni 84,34 persen atau 1,7 juta lebih warga, sedangkan untuk vaksinasi dosis ketiga atau penguat yakni 23,57 persen atau 479 ribu lebih warga.

BACA JUGA:   Bandara Udara Kuala Pembuang Pastikan Siap Layani Pemudik Lebaran 2024

Capaian vaksinasi ini merupakan rekap dari berbagai target sasaran, mulai dari SDM kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum dan rentan, remaja, hingga anak-anak.

Selain pelayanan vaksinasi yang disediakan di berbagai fasilitas kesehatan, upaya meningkatkan capaian target selama ini juga dilakukan dengan berbagai inovasi.

“Salah satunya oleh Dinas Kesehatan provinsi yang memanfaatkan agenda Kalteng Expo 2022 di Palangka Raya, menyediakan layanan vaksinasi dosis kedua dan ketiga,” terangnya.

Pelayanan vaksinasi pada Kalteng Expo 2022 ini, nyatanya juga mendapat sambutan positif dari masyarakat yang berkunjung. Hal ini terlihat dari banyaknya yang menyempatkan diri untuk mengikuti layanan vaksinasi.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kalteng Riza Syahputra mengatakan, cukup banyak masyarakat yang mengikuti vaksinasi, per harinya mencapai antara 90 hingga 100 orang.

“Kami terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi, dengan harapan kekebalan kelompok yang tercipta di tengah masyarakat semakin optimal,” tuturnya.

Kendati saat ini penyebaran pandemi COVID-19 cukup melandai dan pelonggaran aktivitas sudah mulai dilaksanakan, namun masyarakat diminta tetap berhati-hati.

ANTARA