Manfaatkan Program Jumat-Sabtu Tumbuhkan Bakat dan Minat Anak Didik

ARIFIN/BERITA SAMPIT - Tarian daerah salah satu program untuk pengembangan bakat dan minat yang perlu dikembangkan di satuan pendidikan.

SAMPIT – Pengawas Sekolah Dasar (SD) di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Baamang Rusnilawati menyarakan agar sekolah memanfaatkan Jumat dan Sabtu untuk pengembangan bakat dan bakat murid.

“Setiap jumat dan sabtu bisa digunakan untuk latihan supaya menumbuhkan bakat dan minat anak didik di sekolah,” ucap Rusnilawati, Selasa 8 November 2022.

Pengembangan bakat dan minat, Rusnilawati mengingatkan hendaknya menyesuaikan dengan kompetisi yang ada misalnya, tentang budaya dan seni daerah.

BACA JUGA:   PT SCC Dinilai Ingkar Janji, Koperasi di Cempaga Hulu Lakukan Pemortalan Jalan

“Nanti ketika ada lomba, anak didik kita siap diikutkan karena sudah dipersiapkan sebelumnya dan tidak terkesan instan dan dadakan,” ujar Rusnilawati.

Sementara itu, Korwil Pengawas UPT Disdik Kecamatan Sukarma menegaskan, di kecamatan baamang ada pengembangan budaya dan bahasa. Hal ini, menurutnya, bisa dimanfaatkan untuk pembinaan generasi atau anak didik.

“Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan anak didik bisa melalui pengembangan bakat dan minat setiap Jumat dan Sabtu,” sarannya.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Imbau Warga Pastikan Harta Aman Sebelum Berangkat Ibadah

Apa yang disarankan tersebut, erat kaitannya dengan murid SDN 1 Baamang Barat yang sudah meriah juara II kategori karungut dalam bahasa dayak ngaju tingkat Kalteng.

“Melalui pengembangan bakat dan minat dengan latihan rutin dan serius akan menghasilkan SDM yang mampu diandalkan, buktinya, murid SDN 1 Baamang Barat juara II tingkat Kalteng,” tandasnya. (ifin).