BMKG Ungkap Potensi Tingkat Kemudahan Terbakar Merata di Wilayah kalteng

IST/ Berita Sampit - Prakirawan Cuaca BMKG Palangka Raya Ihsan, saat bertugas memantau kondisi cuaca, Jumat (2/6/2023) 

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika Palangka Raya mengungkapkan, bahwa wilayah dengan potensi tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah dengan kategori sangat tinggi hampir merata di wilayah kalimantan tengah.

“Berdasarkan peta tingkat kemudahan terbakar 3 hari terakhir, hampir merata terjadi di Wilayah Kalimantan Tengah, kecuali untuk di wilayah utara masuk kategori aman hingga tinggi,” ucap Prakirawan Cuaca BMKG Palangka Raya Ihsan, Jumat 2 Juni 2023.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

Kemudian untuk hari ini tanggal 2 Juni hari ini secara umum berada pada kategori aman hingga tinggi, namun ada wilayah yang masuk kedalam kategori sangat tinggi yaitu wilayah Kapuas bagian selatan, Pulang Pisau bagian selatan, katingan bagian selatan, Kotawaringin Timur bagian selatan, sebagian Seruyan bagian utara, tengah dan selatan, Kotawaringin Barat bagian selatan, sebagian wilayah Sukamara.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

“Untuk wilayah dengan potensi tingkat kemudahan terbakar diatas lapisan permukaan tanah dengan kategori sangat tinggi, dikarenkan alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar,” ungkapnya.(yud)